PENGARUH NILAI TRANSAKSI, VOLUME PERDAGANGAN DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INDEKS LQ45 PERIODE 2013 – 2017

Authors

  • Tahmat Tahmat Universitas Sangga Buana YPKP
  • Fitria Lilyana Universitas Sangga Buana
  • Bambang Susanto Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v6i1.576

Keywords:

Nilai Transaksi, Volume Perdagangan, Nilai Tukar Rupiah, Indeks LQ45

Abstract

Tujuan utama dalam berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal. Perusahaan LQ45 menjanjikan rata-rata keuntungan yang tinggi bagi investor di Bursa Efek Indonesia, namun keuntungan yang tinggi dapat disertai dengan risiko yang tinggi pula. Maka dari itu, investor perlu melakukan peramalan dan perhitungan secara efektif dengan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi harga saham tersebut. Indeks LQ45 sangat membantu para investor dalam pengambilan keputusan untuk memilih saham-saham yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai transaksi, volume perdagangan dan nilai tukar rupiah terhadap Indeks LQ45 periode 2013-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif asosiatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, korelasi, koefisien determinasi, serta uji hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai transaksi, volume perdagangan dan nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks LQ45 baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil temuan tersebut, maka bagi para investor yang ingin berinvestasi pada saham-saham LQ45 dapat mengetahui kondisi pasar melalui perkembangan nilai transaksi, volume perdagangan dan nilai tukar rupiah terhadap Indeks LQ45 pada saat itu. Hal tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai prediktor dalam memonitor serta memprediksi pergerakan harga saham-saham LQ45.

References

Ary, Tatang Gumanti. 2011. Manajemen Investasi-Konsep, Teori dan Aplikasi. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Bambang Widjanarko dkk. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Perdagangan Saham. Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi Vol.6 No.3, Hlm 305-306.

Bank Indonesia. 2019. Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS [online]. Tersedia http://www.bi.go.id

Bursa Efek Indonesia. 2018. Pergerakan Indeks LQ45 [online]. Tersedia http://www.idx.co.id

Dunia Investasi. 2019. Nilai Transaksi dan Volume Perdagangan Indeks LQ45 [online]. Tersedia http://www.duniainvestasi.com

Ginanjar. 2013. Pengaruh Likuiditas dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Harga Saham Indeks LQ45 Periode 2007-2011. Universitas Widyatama.

Ilmi. 2017. Pengaruh Kurs, Inflasi dan Tingkat SBI Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan LQ45 Periode 2009-2013. Universitas Negeri Yogyakarta

Husnan, Suad. 2015. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi kelima. Yogyakarta : UPPN STIM YKPN.

Sukirno,Sadono, 2016.Teori Pengantar Makro Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta : Rajawali Pers .

Tandelilin, Eduardus.2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta : Kanisius.

Yahoo Finance. 2018. Tingkat Inflasi 10 Tahun Terakhir [online]. Tersedia http://www.yahoo.finance.com

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Artikel