PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Authors

  • Sunanta Sunanta Universitas Budi Luhur
  • Leonardo Leonardo Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v6i1.710

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dengan menggunakan daftar pertanyaan berupa kuesioner yang sudah terstruktur dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dari wajib pajak di Desa Tegalangus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regesi, uji-t dan uji-F. Pengelolaan data dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 24. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan perpajakan wajib pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di Desa Tegalangus.

References

Januar Dio Brata, I. Y. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas di Kota Samarinda, Samarinda: Program Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Jotopurnomo, C. d. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya, Tax & Accounting Review.

Komputer, W. (2014). Analisis Data Penelitian dengan SPSS 22. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan - Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Morgan, J. (2016). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Membayar Pajak, dan Sanksi Denda Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Jakarta Kembangan, Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Nurazizah. (2017). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi Di Pasaman Barat (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanana Pajak Pratama Bukit Tinggi Wilayah Kerja Pasaman Barat), Sumatera Barat: Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP).

Pandiangan, L. (2013). Administrasi Perpajakan Pedoman Praktis Bagi Wajib Pajak di Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.03/2012. (2012). Jakarta: Menteri Keuangan.

Rahayu, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Yogyakarta: Program Skripsi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Resmi, S. (2017). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Saragih, F. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Pada Kpp Pratama Medan Kota), Medan: Program Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Setyowati, Y. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Kalidengen, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo Tahun 2014, Yogyakarta: Program Skripsi Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Siregar, D. L. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam, Batam: Program Skirpsi Universitas Putera Batam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-undang Nomor 16 tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. (2013). Jakarta: Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. (2012). Jakarta: Direktur Jendral Pajak.

Waluyo. (2014). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Yeyen. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Yayasan Ariya Metta Tangerang), Tangerang: Program Skripsi Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma.

Yustinus Prastowo, A. P. (2014). Pintar Menghitung Pajak. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Artikel