PENERAPAN SIMULASI ARUS LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN TIDAK SEBIDANG DI JALAN JAKARTA–JALAN SUPRATMAN KOTA BANDUNG PEMANFAATAN APLIKASI VISSIM 11.03

Authors

  • Novia Widia Astuti Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Didin Kusdian Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Tia Sugiri Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i2.2723

Keywords:

Fly Over, Kalibrasi, Validasi, Vissim, Rata – Rata Ruang.

Abstract

Keberadaan arus lalu lintas di Kota Bandung kini diwarnai oleh kepadatan dan kemacetan tinggi, dimana kapasitas simpang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang ada, sehingga kemacetan yang berkepanjangan. Penelitian ini dilakukan pada Jalan Jakarta - Supratman Kota Bandung, dengan melakukan simulasi, analisis kinerja sebelum dan setelah adanya Fly Over, alternatif kecepatan rata - rata ruang, dan pengalihan arus kendaraan. Metode analisis yang digunakan ialah mikrosimulasi menggunakan software perangkat lunak yaitu Vissim, dengan melakukan kalibrasi, validasi model secara trial dan error, mempertimbangkan perilaku pengemudi, melakukan uji GEH terhadap volume kendaraan, serta uji chi - square terhadap panjang antrian kendaraan, dan melakukan analisis kecepatan rata-rata ruang untuk penyeragaman kecepatan kendaraan. Hasil simulasi bahwa parameter kalibrasi untuk setiap periode sangat dipengaruhi faktor volume kendaraan pada waktu puncak maupun tidak puncak di masing-masing pendekat. Hasil analisis berupa panjang antrian terbesar terjadi di lengan pendekat Jalan Jakarta, dan setelah melakukan serangkaian analisis arus lalu lintas pada simpang tidak sebidang maka diperoleh bahwa dengan adanya Fly Over tidak mampu menstabilkan kondisi lalu lintas di Jalan Jakarta - Supratman, hal ini dikarenakan tingkat pelayanan hanya merubah satu tingkatan dari E menjadi D. Pembangunan Fly Over atau adanya Fly Over hanya memindahkan kendaraan dari suatu titik ke titik lainnya, karena transportasi merupakan suatu perpindahan orang bukan perpindahan mobil.

References

Presidenrepublikindonesia, “Uu No. 30 Tahun 2004 Tentang Jalan,” Uu No. 30 Tahun 2004 Tentang Jalan, P. 3, 2004.

Mkji, No Title. 1997.

S. Sugiarto, “Pendekatan Metode Simulasi,” No. September, 2014.

I. Wijanarko And M. A. Ridlo, “Faktor-Faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan Studi Kasus : Kawasan Sukun Banyumanik Kota Semarang,” J. Planol., Vol. 14, No. 1, P. 63, 2019, Doi: 10.30659/Jpsa.V14i1.3859.

C. H. Oglesby, “No Title,” In Teknik Jalan Raya,Jilid 1, Gramedia., Jakarta, 1999.

Hendarto, “No Title,” 2001.

Morlok, No Title. 1995.

R. Jalan And S. Riyadi, “Pengaruh Pola Pergerakan Kendaraan Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Slamet Riyadi, Surakarta,” 2016.

H. Lazuardi, “Pedoman Penggunaan Dan Pengenalan Program Ptv Vissim,” Ptv Viss., 2014.

M. Ulfah, “Mikrosimulasi Lalu Lintas Pad Simpang Tiga Dengan Software Vissim,” 2017.

Downloads

Published

2023-09-30