KAJIAN KERUSAKAN TANGGUL SUNGAI CICADAS AKIBAT FLUKTUASI TEKANAN ALIRAN AIR BANJIR

Rosadi Rosadi, Ibrahim Rabbani, Bakhtiar Abu Bakar

Abstract


Sungai cicadas merupakan salah satu bagian dari sub DAS sungai Citarum di Jawa Barat yang berada ditengah Kota Bandung, sebagai sungai yang mengalir di tengah kota bandung dibangun kirmir dan tanggul untuk  mengendalikan aliran sungai dan struktur ini memainkan peranan yang sangat penting dalam menghadapi genangan banjir, struktur ini sewaktu waktu dapat mengalami kerusakan oleh  berbagai mekanisme pemicu hingga mempengaruhi umur efektif dari kirmir dan tanggul, yang mengakibatkan umur bangunan air tersebut yang diperkirakan fungsinya bertahan lama menjadi berkurang, bahkan kemungkinan umurnya bisa berkurang setengah dari waktu yag direncanakan. satu mekanisme yang bisa saja menjadi pemicu tanggul mengalami kerusakan ialah  fluktuasi tekanan aliran air yang meyebabkan kerusakan pada tanggul dan tebing sungai, oleh sebab itu diperlukan penelititan analisis dan kajian kerusakan tanggul sungai akibat pengaruh fluktuasi tekanan aliran air banjir pada saat musim penghujan di sungai cicadas, Penelitian dilakukan dengan tinjauan objek permasalahan secara langsung dan eksperimen hidraulis yang menjadi kajian penelitian . Tinjauan objek secara langsung  bertujuan untuk mengamati permasalahan, mengumpulkan  sejumlah besar data berupa variabel, unit, individu dalam waktu yang bersamaan. Dari hasil Penelitian didapat fluktuasi tekanan aliran mengakibatkan kerusakan tanggul, keruntuhan tebing dan angkutan material. Semakin tinggi debit aliran yang diberikan, semakin besar kerusakan dinding yang terjadi. Hal ini menimbulkan gerusan dan endapan yang cukup besar.

Keywords


Tanggul; Fluktuasi Tekanan Aliran; Sungai Cicadas

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, “Erosion index formulation with respect to reservoir life in the upper Citarum watershed,” 2018, doi: 10.1051/matecconf/201814703002.

D. Sugandi, “MODEL PENANGGULANGAN BANJIR,” J. Geogr. Gea, 2016, doi: 10.17509/gea.v7i1.1709.

M. F. Imansyah, “STUDI UMUM PERMASALAHAN DAN SOLUSI DAS CITARUM SERTA ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH,” J. Sosioteknologi, 2012.

C. F. Wan and R. Fell, “Laboratory tests on the rate of piping erosion of soils in embankment dams,” Geotech. Test. J., 2004, doi: 10.1520/gtj11903.

F. Masrouri, K. V. Bicalho, and K. Kawai, “Laboratory hydraulic testing in unsaturated soils,” in Laboratory and Field Testing of Unsaturated Soils, 2009.

Risma, Warsit, Mawardi, Martono, and L. Satriyadi, “Kajian Perilaku Debit Alat Ukur Ambang Lebar,” Bangun Rekaprima, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32897/simteks.v1i1.800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Teknik Sipil  
Fakultas Teknik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2655-8149
e-ISSN: 2807-842X 

 

Creative Commons License
SIMTEKS by Program Studi Teknik Sipil licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

">View My Stats