KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN CAMPURAN ABU BAN BEKAS MOTOR DAN ABU JERAMI

Authors

  • Iki Kuswandi Universitas Sangga Buana
  • Yushar Kadir Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v1i1.802

Keywords:

Beton, Abu Ban, Abu Jerami, Kuat Tekan

Abstract

Teknologi beton menjadi pilihan yang banyak digunakan dalam pembangunan. Mengacu pada aspek efektif dan efisien, bahan campurannya pun telah mengalami banyak perkembangan sesuai dengan kebutuhan. Penelitian dengan judul “Pengaruh Penambahan Abu Ban Bekas Motor dan Abu Jerami Pada Campuran Beton Terhadap Kuat Tekan Beton Normal”, memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh dari pencampuran abu ban bekas motor dan abu jerami terhadap kuat tekan beton normal dan berapa kuat tekan maksimum yang didapatkan dari beton yang dicampuri abu ban bekas motor dan abu jerami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengamati  pengaruh dari pencampuran abu ban bekas motor dan abu jerami terhadap kuat tekan beton normal dan menguji kuat tekan beton yang telah ditambah variasi bahan campuran abu ban bekas motor dan abu jerami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, di mana lebih menekankan pada penggunaan angka-angka yang dituangkan dalam tabel, diagram dan grafik yang membuatnya lebih spesifik. Data yang diperoleh merupakan hasil dari uji laboratorium.  Berdasarkan analisa data yang diperoleh, maka didapatkan kesimpulan bahwa beton yang dicampuri abu ban dan abu jerami memiliki warna lebih hitam dibandingkan beton normal, terjadi penurunan nilai kuat tekan pada beton normal umur 14 hari dari 22,07 MPa setelah dicampuri abu pada variasi 10%, 20%, 30% berurutan menjadi 18,67 MPa, 16,98 MPa, 5,94 MPa dan kuat tekan maksimum pada beton uji diperoleh dari beton yang dicampuri abu pada variasi 10% sebesar f’c=18,67 MPa pada umur 14 hari.

References

A. Widodo and M. A. Basith, “Analisis Kuat Tekan Beton Dengan Penambahan Serat Rooving Pada Beton Non Pasir,” J. Tek. Sipil dan Perenc., 2017, doi: 10.15294/jtsp.v19i2.12138.

K. Tjokrodimuljo, “Teknologi Beton, Buku Ajar,” Jur. Tek. Sipil–Magister Teknol. Bahan Bangunan–Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Yogyakarta, 2004.

H. Suprapto, “Studi Sumber Agregat Halus Dan Pengaruhnya Dalam Pembuatan Beton Normal,” Jurnal Desain dan Konstruksi VOlume 7, No.2. 2008.

S. Maricar, B. Tatong, and H. Hasan, “Pengaruh Bahan Tambah Plastiment-Vz terhadap Sifat Beton,” Mektek, 2013.

Downloads

Published

2021-09-10

Issue

Section

Articles