PENGARUH BUDAYA K3, KOMITMEN PIMPINAN PERUSAHAAN DAN KOMPETENSI KARYAWAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK REHABILITASI JALAN DI UPTD PENGELOLAAN JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH PELAYANAN IV)

Deni Junjunan, Agus Rachmat, Tia Sugiri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi besarnya potensi risiko kecelakaan kerja pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi, karena itu  K3 telah menjadi suatu kebutuhan mendasar. Tidak bisa berjalan Aspek K3 tanpa adanya campur tangan dari manajemen maupun pimpinan kontraktor secara terencana untuk mengelolanya, yang sering disebut Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), faktor kompetensi dan kemampuan serta pengetahuan karyawan pun sangat dibutuhkan untuk terlaksanakan K3 di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Budaya K3, komitmen pimpinan, serta kompetensi karyawan terhadap kinerja proyek dengan menggunakan uji  regresi linier berganda, serta analis data yang digunakan adalah uji satistik parametric yang menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa  1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan  antara Budaya K3 terhadap Kinerja Proyek  terbukti dan teruji bahwa pada penelitian ini Budaya K3 tidak berpengaruh terhadap Kinerja Proyek 2) Terdapat pengaruh  antara Komitmen Pimpinan terhadap Kinerja Proyek terbukti dan teruji bahwa pada penelitian ini Komitmen Pimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Proyek 3) Terdapat pengaruh antara Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Proyek. terbukti dan teruji bahwa pada penelitian ini Kompetensi Karyawan berpengaruh terhadap Kinerja Proyek 4)Terdapat pengaruh secara bersama (simultan) antara Budaya K3, Komitmen Pimpinan dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Proyek.

 


References


Sihombing D, Walangitan DRO, Pratasis PAK. Implementasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Di Kota Bitung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Pabrik Minyak Pt.Mns). J Sipil Statik. 2014;2(3):124–30.

Bobby Rocky Kani R. J. M. Mandagi, J. P. Rantung GYM. Work and Organizational Psychology. Keselam DAN Kesehat KERJA PAdA Pelaks Proy Konstr (STUDI KASUS Proy PT TRAKINDO UTAMA. 2012;1(6):479–96.

Christina WY, Ludfi D, Thoyib A. Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi. J Rekayasa Sipil. 2012;6(1):83–95.

Maddeppungeng A, Suryani I, Setiawati DN, Rudiyanto A. Studi Lingkungan Kerja Dan Kesehatan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Perusahaan Konstruksi Dalam Lingkup Dinas Cipta Karya, Bina Marga, Dan Sumberdaya Air Provinsi Banten. J Fondasi. 2017;6(1).

Sulaiman M. Analisis penyebab keterlambatan pelaksanaan proyek ditinjau dari waktu pelaksanaan di provinsi aceh 1). 2017;1:405–18.

Messah YA. Pengendalian waktu dan biaya pekerjaan konstruksi sebagai dampak dari perubahan desain (. 2013;II(2):121–32.

Rahma SH, Berawi MA, Arifuddin R, Sipil DT, Teknik F, Indonesia U, et al. Analisis Penalti Waktu Bagi Kecelakaan Kerja Di Proyek Konstruksi. 2014.

Haryanto S. Pengaruh Sistem Manajemen K3 Terhadap Kinerja Karyawan pada PT “XX.” J Ilmu-Ilmu Tek. 2009;9(3):42–52.

Wirahadikusumah RD, Adhiwira F, Gayatri R. Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil Tantangan Penerapan Alokasi Anggaran Biaya SMK3 pada Kontrak Konstruksi Proyek Berisiko Tinggi. 2019;26(1):67–78.

Sugiyono. Metode Penelitian Evaluasi .Bandung, Alfabeta. 2018. p. 63.

Riduan. “Metode dan Teknik Menyusun Tesis”. Bandung, Alfabeta.pdf. 2018.

Maddeppungeng A, Mina E, Dewi IP. Pengembangan dan Uji Model Sumber Daya Proyek Kontruksi Terhadap K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Kontruksi Offshore Provinsi Banten). J Fondasi. 2017;6(2).




DOI: https://doi.org/10.32897/techno.2022.15.1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 1979-4835 | e-ISSN: 2721-2335

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats