IMPLEMENTASI SPMI, KUALITAS MANAJEMEN, KINERJA SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP REPUTASI SEKOLAH DI SMKN 5 BANDUNG

Authors

  • Sity Rochanah Universitas Sangga Buana
  • Sri Rochani Mulyani
  • Dety Mulyanti

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2022.15.1.1149

Abstract

 

Kualitas satuan pendidikan dapat berkembang jika satuan pendidikan menerapkan penjaminan mutu dalam pengelolaan proses-proses di dalamnya dalam pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Kualitas Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Sekolah dan Implikasinya terhadap Reputasi Sekolah ( Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri 5 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan Implementasi SPMI termasuk skor   katagori sangat baik,Kualitas Manajemen termasuk  katagori sangat baik,Kinerja Sekolah termasuk  katagori sangat baik dan  Reputasi Sekolah  termasuk katagori sangat baik.Untuk hasil data analisis diperoleh bahwa secara langsung menunjukkan bahwa Implementasi SPMI (X1) berpengaruh sebesar 0,482 terhadap Kinerja sekolah(Y),  Kualitas Manajemen (X2) berpengaruh sebesar 0,350 terhadap kinerja sekolah(Y), Kinerja sekolah(Y) berpengaruh sebesar 0,275 terhadap Reputasi sekolah(Z), Implementasi SPMI(X1) berpengaruh sebesar 0,354 terhadap Reputasi Sekolah(Z) dan Kualitas Manajemen(Y) berpengaruh sebesar 0,323 terhadap Reputasi Sekolah(Z) .Adapun Pengaruh secara tidak langsung menujukkan bahwa Implementasi SPMI(X1) terhadap Reputasi sekolah melalui Kinerja Sekolah (Y) sebesar 13,26%, dan Kualitas Manajemen (X2) terhadap Reputasi sekolah melalui Kinerja Sekolah(Y) berpengaruh sebesar 9,63% .

Kata Kunci : Implementasi SPMI, Kualitas Manajemen, Kinerja Sekolah, Reputasi Sekolah.

 

References

Zaman MK. Kontribusi Deming, Juran Dan Crosby Dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam. 2017.

Sunengsih C. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Program Studi PGSD UPI Sumedang: UPI Sumedang Press; 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016.

LPMP Jawa Barat. Materi Bimbingan Teknis SPMI bagi TPMP. Bandung; 2019.

Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan oleh satuan Pendidikan. Dokumen 3 2017.

Nur M, Harun CZ, Ibrahim S. Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. 2016;4(1):93–103.

Nurkolis, Setyaningsih R, Roshayanti F. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2020;27(1):11–23.

Amrullah A. Peningkatan Mutu. 2015;10(2).

Mukrodi. The Analysis of Lecturers ’ Performance in Pamulang University. 2018;1(2):201–10.

Husni I. Hubungan Etos Kerja dengan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. 2014;2:341–6.

Kartowiyono, Hadisantoso E. No Title. 2020;5(1):47–57.

Hendraman. Revolusi Kinerja Kepala sekolah. 2018;(Jakarta: Indeks).

Putu Bagus Ari W. Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Terhadap Kinerja Organisasi Di Universitas Warmadewa. J Adm Publik. 2016;65–80.

Siska W. Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap Kinerja Organisasi. J Adm Publik. 2016;1(1):65–80.

Wiandari IAA, Darma GS. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2017;14(2).

Ika Y. Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Reputasi Madrasah Tsanawiyah Al-Islam di Joresan Mlarak Ponorogo. 2019;

Rifqi Muflih D. Strategi Government Public Relations Pusat Penerangan TNI dalam Mempertahankan Reputasi Lembaga TNI. J Komun Glob Fak Ilmu Komunikasi, Univ Budi Luhur. 2018;7:205–16.

Abin MR, Fatawi R, Rofiq A. Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Strategi Menjaga Reputasi di SMK Al-Huda Kota Kediri. Efektor. 2019;6(2):213–25.

Martatilova A. Pengaruh Kinerja Tenaga Medis dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Sistem Reputasi Layanan Publik pada Puskesmas Metro. Deriv J Manaj. 2020;14(1).

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2019.

Published

2022-04-19