ANALISIS PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN KABUPATEN DI KABUPATEN MAJALENGKA PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Andre Ficky Fauzi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana YPKP
  • Agus Rachmat Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Abdul Chalid Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2023.16.2.1580

Abstract

Kabupaten Majalengka termasuk dalam segitiga rebana yang berperan sebagai penggerak ekonomi. Potensi yang ada tersebut harus didukung dengan adanya infrastruktur utama berupa Bandara Internasional Jawa Barat yang menggunakan konsep Aerocity. Belum adanya metode pengambilan keputusan yang tepat dalam pemilihan untuk pemeliharaan ruas jalan menjadi dasar pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam mengambil keputusan dalam memilih ruas jalan yang akan dilakukan pemeliharaan. Metode ini menggunakan kriteria kondisi jalan, volume lalu lintas, tata guna lahan, kebijakan, ekonomi, mobilitas dan aksesibilitas. Proses yang digunakan untuk pengambilan data adalah dengan kuesioner yang disebarkan kepada orang – orang yang ahli pada bidang pemeliharaan jalan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kondisi jalan merupakan kriteria atau faktor yang paling utama dalam menentukan prioritas penanganan jalan diikuti dengan faktor volume lalu lintas, ekonomi, kebijakan, mobilitas dan aksesibilitas. Berdasarkan pada hasil penggunaan metode AHP dalam pengambilan keputusan untuk prioritas penanganan jalan, maka dipilih ruas jalan Babakan - Palasah yang menjadi prioritas utama dalam penanganan jalan.

References

Ahaddini ET. Segitiga Rebana, Kawasan Ekonomi Primadona [Internet]. erks. 2020 [cited 2021 Dec 4]. Available from: https://erksfm.id/news/erks-editorial/segitiga-rebana-kawasan-ekonomi-primadona

Jayani DH. Bandara Kertajati, Aerocity Pertama di Indonesia [Internet]. 2019 [cited 2021 Dec 4]. Available from: https://katadata.co.id/hariwidowati/berita/5e9a51826c4ca/bandara-kertajati-aerocity-pertama-di-indonesia

Wiyono W, Widodo S, Mayuni S. Analisa Penentuan Urutan Prioritas Pemeliharaan Jalan Di Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat Dengan Menggunakan Proses Hirarki Analitik. JeLAST. 2016;3(3).

Katmoko DS, Widodo S, Mayuni S. Urutan Prioritas Pemeliharaan Jalan Kabupaten/Kota Di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat Dengan Menggunakan Proses Hirarki Analitik. JeLAST. 2017;4(4):1–13.

Pal S, Maitra B, Sarkar JR. An Approach for Prioritization of State Highways and Its Application. Transp Dev Econ. 2016;2(2):1–10.

Ewadh HA, Almuhanna R, Alasadi S. Developing optimized prioritizing road maintenance. MATEC Web Conf. 2018;162:1–7.

Thantawi T, Isya M, Sugiarto S. Prioritas penanganan jalan Kabupaten Pidie menggunakan metode Analisis Multi Kriteria (AMK). J Arsip Rekayasa Sipil Dan Perenc. 2020;3(4):257–67.

Siswanto H, Supriyanto B, Pranoto, Prihatditya RP, Friansa MA. District road maintenance priority using analytical hierarchy process. AIP Conf Proc. 2019;2114.

Irawan H, Ismiyati I, Pudjianto B. Penentuan Skala Prioritas Penanganan Jalan Kabupaten di Kabupaten Kudus Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Teknik. 2016;37(2):72.

Hidayat I, Hidayat B, Ophiyandri T. Penentuan Prioritas Pemeliharaan Jalan Studi Kasus Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Rang Tek J. 2020;3(2):186–94.

Brunelli M. Introduction to the Analytic Hierarchy Process. SpringerBriefs in Operation Research; 2015. 84–85 p.

Published

2023-10-31