PENGARUH BEBAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PT TOYOTA-ASTRA MOTOR NVDC KARAWANG

Authors

  • Novi Rukhviyanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri (STMIK IM)
  • Ambarwati Ambarwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2023.16.2.2820

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja pada PT Toyota-Astra Motor-NVDC Karawang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 48 responden, teknik pengambilan sampel probabilitas dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Hipotesis diuji dengan uji validitas analisis, uji reliabilitas, uji F, uji T, koefisien korelasi dan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beban kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel produktivitas kerja. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan variabel beban kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja dan variabel motivasi berpengaruh positif terhadap variabel produktivitas kerja. Keterbatasan didalam penelitian ini adalah responden memiliki persepsi yang berbeda dalam memahami pernyataan dalam kuisioner yang diberikan, jawaban kuisioner disampaikan secara online melalui kuisioner belum tentu mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya. Waktu penelitian yang singkat, sehingga responden melakukan pengisian kuisioner dengan waktu yang singkat. Hal ini dapat menyebabkan adanya respon yang kurang obyektif. Saran teoritis berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa variabel bebas lainnya yang berpotensi berkaitan dengan variabel terikat. Menimbang bahwa dalam penelitian ini kontribusi dari variabel beban kerja dan motivasi kerja tidak sepenuhnya mempengaruhi produktivitas kerja, sebagian juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran praktis, agar perusahaan memberikan fasilitas kerja yang lebih mendukung dan lengkap, tambahan target volume pekerjaan serta tidak memberikan pekerjaan diluar jam kerja reguler sebagai bentuk upaya dalam peningkatan produktivitas kerja.

References

Supihati S, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, (2014), 115677, 12(01).

Basalamah Ff, Ahri Ra, Arman A. Pengaruh Kelelahan Kerja, Stress Kerja, Motivasi Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Rsud Kota Makassar. An Idea Health Journal. 2021;1(02):67–80.

Coulter A Robin. Manajemen. 10th Ed. Jakarta: Erlangga; 2010.

Hart Sg, Staveland Le. Development Of Nasa-Tlx (Task Load Index): Results Of Empirical And Theoretical Research. In: Advances In Psychology. Elsevier; 1988. P. 139–83.

Hasibuan Msp. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara; 2008.

Mangkunegara Aaap. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung; Remaja Rosdakarya; 2011.

Sedarmayanti. Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju; 2011.

Payaman Js. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia (Edisi 2001). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta. 1998.

Tkt (. Modul Ol 6 Pengukuran Produktivitas Marvin. E. Mundell Rekayasa Produktivitas [Internet]. 2019. Available From: Http://Esaunggul.Ac.Id0/9

Ekonomi F, Bisnis D. Pengaruh Motivasi Dan Beban Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Lazada Express Indonesia (Lel) Hub Lampung Skripsi Disusun Oleh: Rifki Adytia 1512110356 Prodi Manajemen. 2019.

Ekonomi F, Bisnis D, Bramasta R, Amike M, Citaningtyas D, Kadi A. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba) Ii Simba Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi) Pengaruh Beban Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Motivasi Sebagai Intervening. Available From: Www.Auto2000.Co.Id

Nugroho Kj. Analisis Beban Kerja, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. Otonomi. 2021;21(1):156–63.

Ekonomi J, Akuntansi M&, Jumantoro R, Farida U, Santoso A. Penerbitan Artikel Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, Beban Kerja, Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Sumber Daya Manusia Koperasi Serba Usaha Anak Mandiri Ponorogo. 2019.

Sugiyono D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017

Sugiyono Ag. Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Cv. Alfabeta; 2005.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Ibm Spss (Edisi 7). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro. 2013;160.

Siregar S. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & Spss. 2015.

Ikraith-Ekonomika J, Mutiadi N, Gunawan A, Sucipto I, Pengaruh Beban Kerja, Kompensasi, Dan Lingkungan Kerja Bagi Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Pt. Mugai Indonesia. 2021;4(3):193-203.

Mamen: Jurnal Manajemen, Faridah, Susanti, Pengaruh Motivasi, Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Kanaan Sukoharjo. 2022;1(4):489-497.

Published

2023-10-31