Percepatan Ekonomi Dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Peningkatan Kepuasan Pasien Di Puskesmas (Studi pada Puskesmas Cicangkanggirang Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat)

Authors

  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana
  • Biller Panjaitan Universitas Sangga Buana
  • Y. Ony Djogo Universitas Sangga Buana
  • Shandhi Abdulrahman Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2019.12.2.284

Abstract

Melalui penelitian ini diharapkan mendapatkan data bukti empirik tentang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pengaruhnya terhadap peningkatan kepuasan pasien dalam rangka mendukung percepatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Objek penelitian ini dibatasi pada pasien yang menggunakan BPJS kesehatan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan cara kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling atau teknik incidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan memilih pasien yang sudah menyelesaikan perawatan di Puskesmas Cicangkanggirang. Terbukti secara empiris dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan kesehatan dengan dimensi: Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance secara simultan mempengaruhi peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Cicangkanggirang di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Hal ini sangat bermanfaat dan membantu bagi pasien yang berobat dari kalangan masyarakat miskin dan kemampuan ekonomi yang rendah.

References

A.- Andriani, “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi,” J. Endur., vol. 2, no. 1, p. 45, 2017.

A. Azwar, “Pengantar Administrasi

Kesehatan,” Ed.Ketiga., Jakarta: Bina Rupa Aksara, 2010.

A. Farich, Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat, C. Pertama. Sleman Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012.

A. G. C. Tampi, E. J. R. Kawung, and J. W. Tumiwa, “Dampak Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Masyarakat Di Kelurahan Tingkulu,” Acta Diurna, vol. 5, no. 1, pp. 40–52, 2016.

A. Sondari and B. B. Raharjo, “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2017.

A. S. Wibowo, Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan di kota purwokerto. 2013.

C. S. Pardede, C. Suryawati, and P. A. Wigati, “Analisis Perbedaan Persepsi Pasien Peserta Bpjs Terhadap Penilaian Mutu Pelayanan Di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016,” J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 23–31, 2016.

Departemen Kesehatan RI, Sistem Kesehatan. Jakarta, 2009.

D. Yuristi Winda Bata, Alwy, “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja Tahun 2013,” no. 256, 2013.

E. D. Y. PRABOWO SETIAWAN, “Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Umum dengan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran (JKN–PBI) Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Nguter Sukoharjo.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

F. Jasfar, Manajemen Jasa, C. Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

F. T. & G. Chandra, Service, Quality & Satisfaction, 4th ed. Yogyakarta: Andi, 2016.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Ed.Ketiga. Yogyakarta: Andi, 2012.

Fandy Tjiptono, Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi, 2004.

K. N. Fajrianti and A. Muhtadi, “Review Artikel : Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Dengan Six Sigma,” Farmaka, vol. 15, no. 3, pp. 111–122, 2017.

LPPM USB YPKP, “Rencana Induk Penelitian Universitas Sangga Buana 2016-2020.” LPPM USB YPKP,

Bandung, p. 26, 2016.

I. Gozali, “Model Pelayanan Puskesmas Di Kota Semarang,” J. Media Ekon. Teknol. Inf., vol. 19, no. 1, pp. 9–20, 2012.

P. dan K. L. K. Kotler, Manajemen Pemasaran, Terjemahan : Bob Sabran, Edisi 13 J. Jakarta: Erlangga, 2008.

R. Hidayatullah, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Muara Rapak Kota Balikpapan,” eJournal Adm. Negara, vol. 4, no. 4, pp. 5034– 5048,S. Herlambang, Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit,

C. Pertama. Sleman Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2016.

S. Iskandar, “Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Rumah Sakit Panglima Sebaya Kabupaten Paser,” eJournal Ilmu Pemerintah., vol. 4, no. 2, pp. 777– 788, 2016.

S. Konli, “Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Desa Gunawan

Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung,” vol. 2, no. 1, pp. 1925–1936,

S. S. Geby, N. Widowati, and D. Hariani, “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG,” J. Public Policy Manag. Rev., vol. 2, no. 2, pp. 61–70, 2013.

S. Supartiningsih, “Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit,” J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit, 6 9-15, Januari 2017, vol. 6, no. 1, pp. 9–14, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis.

Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta, 2017.

W. Yunestri Mukti et al., “Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Woodward Kota Palu the Relationship Between Quality of Care and Patient Satisfaction At the Inpatient Service in Woodward Hospital Palu, Central Sulawesi Province,” J. AKK, vol. 2, no. 3, pp. 35–41, 2013.

Y. Aini and E. Andari, “Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien berobat di puskesmas pembantu desa pasir utama,” J. Ilm. Cano Ekon., vol. 5, no. 1, pp. 81–88, 2016.

Downloads

Published

2020-01-29