DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KARAKTERISASI PENGUJIAN PARAMETER ANTENA DUAL AXIS BERBASIS IOT

Authors

  • Hendri Hermansyah Universitas Sangga Buana YPKP
  • Kusmadi Kusmadi Universitas Sangga Buana
  • Akbar Ghiffari Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2023.16.2.2843

Abstract

Mengetahui karakteristik antena penting untuk mengetahui di posisi mana antena dapat menerima atau memancarkan daya secara optimal. Penelitian ini ingin menjadi solusi alternatif agar pola atau plot radiasi dapat terbentuk dengan suatu proses yang terprogram. Untuk itu dirancanglah suatu program yang dapat memplot nilai daya sinyal dengan menggunakan spektrum analyser sebagai power meter antena, media pengolah data untuk menjalankan program, media transmisi yang telah terintegrasi dengan media pengolah data sebagai modul pemancar untuk memancarkan daya. hasil pengukuran melalui sistem komunikasi nirkabel. pada sebuah website di jaringan internet global. Hasil simulasi menunjukkan bahwa hasil pengukuran daya antena yang muncul pada spektrum analyser dapat diambil dengan menggunakan kode program yang telah dibuat dan dapat dikirim melalui internet ke website dengan cepat, akurat dan membentuk pola radiasi.

References

Nugraha As, Christyono Y. Perancangan Dan Analisis Antena Mikrostrip Dengan Frekuensi 850 Mhz Untuk Aplikasi Praktikum Antena. Transmisi. 2011;13(1):39–45.

Wiranto -, Setiawan Bi, Saptomo Sk. Sistem Kontrol Irigasi Otomatis Nirkabel. J Irig. 2014;9(2).

Hussain Shah Si, Radha Sm, Park P, Yoon Ij. Recent Advancements In Quasi-Isotropic Antennas: A Review. Vol. 9, Ieee Access. 2021.

Jenis Dan Pola Radiasi Antena | Ajat Didik Budiansyah [Internet]. [Cited 2023 Oct 31]. Available From: Https://Ajat.Xyz/2020/08/12/Jenis-Dan-Pola-Radiasi-Antena/

Langton C. All About Modulation - Part I Basic Concepts Of Modulation. Wwwcomplextorealcom. 2002;

Cao B, Wang S, Ge S, Ma X, Liu W. A Novel Mobile Target Localization Approach For Complicate Underground Environment In Mixed Los/Nlos Scenarios. Ieee Access. 2020;8.

Alat Dtg, Dan U. Dtg 2m3 - Alat Ukur Dan Pengukuran Telekomunikasi. Wwwgooglecom. 2016;

Muhammad Iqbal Ramadhani. Perancangan Dan Pembuatan Antena Log-Periodic Quad-Yagi Dengan Frekuensi Kerja 100-950 Mhz. 2006.

Rambe Alih, Pascasarjana P, Elektro Dt, Teknik F, Indonesia U. Rancang Bangun Antena Mikrostrip Patch Segiempat Planar Array 4 Elemen Dengan Pencatuan Aperture-Coupled Untuk Rancang Bangun Antena Mikrostrip Patch Segiempat Planar Array 4 Elemen Dengan Pencatuan Aperture-Coupled Untuk. 2008;

Lmsspada.Kemdikbud.Go.Id. Modul Iv : Media Penyimpanan, Media Pemrosesan Dan Media Komunikasi 1. Pengantar Komput Dan Tik. 2020;

Sutama Iw, Gama Awo, Negara Iga, Wisesa Idpas. Sistem Monitoring Penyiraman Otomatis Tanaman Bunga Gemitir Menggunakan Aplikasi Mobile Dan Web Thingspeak. J Ilm Telsinas Elektro, Sipil Dan Tek Inf. 2022;4(2).

Published

2023-10-31