ANALISIS TINGKAT KELELAHAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA COVID-19 DARI ASPEK BEBAN KERJA MENTAL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana)

Shendy Susanto, Ade Geovania Azwar

Abstract


Pandemi Covid-19 pada dewasa ini cukup berdampak pada duinia pendidikan, penyesuaian metode pembelajaran pada masa pandemi ini memicu keluhan dari peserta didik salah satunya adalah beban kerja yang diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kelelahan dan seberapa besar tingkat kelelhana melalui karakteristik beban kerja pada mahasiswa Universitas Sangga Buana. Objek dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Teknik Industri kelas Reguler Pagi dan Reguler Sore Angkatan Tahun 2016 sampai 2019. Pengukuran beban kerja menggunakan kuesioner NASA-TLX, pengukuran tingkat kelelahan menggunakan kuesioner SOFI, dan pengukuran tingkat kantuk menggunakan kuesioner ESS. Uji statistik yang digunakan adalah Uji One Way ANOVA (Analysis of Variance) dan Uji Kruskal Wallis dengan nilai signifikansi (α) = 5% menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja yang diterima mahasiswa kelas reguler pagi, mahasiswa reguler sore, mahasiswa laki-laki, dan mahasiswa perempuan dalam kategori sedang, tingkat kelelahan mahasiswa kelas reguler pagi, mahasiswa reguler sore, mahasiswa laki-laki, dan mahasiswa perempuan dalam kategori sedang, dan tingkat kantuk mahasiswa kelas reguler pagi, mahasiswa reguler sore, mahasiswa laki-laki, dan mahasiswa perempuan berada pada kategori tingkat kantuk berlebih pada kegiatan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Astuty, Miranti S, dkk. 2013. “Tingkat Beban Kerja Mental Masinis Berdasarkan NASA-TLX (Task Load Index) Di PT. KAI Daop. II Bandung”. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Institut Teknologi Nasional.

Azwar, Ade G. dan Candra, C. 2019. “Analisis Beban Kerja dan Kelelahan Pada Mahasiswa Menggunakan NASA-TLX dan SOFI”. ReTIMS Vol. 1 No. 1. Universitas Sangga Buana.

Bilfaqih, Y, Qomarudin M N. 2015. “Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring”. Edisi 1, Cetakan 1. Yogyakarta.

Dhania, D R, 2010. “Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Medical Representatif di Kota Kudus)” Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus Volume 1.

Fachrudin, F, dkk. 2015. “Analisis Pengaruh Tingkat Kantuk Terhadap Kecepatan Reaksi Masinis Daerah Operasi II Bandung”. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Institut Teknologi Nasional.

Hariyati, M. 2011. “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Linting Manual di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta”. Universitas Sebelas Maret.

Kuntarto E. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Vol. 3 No. 1. Jurnal Indonesian Language Education and Literature. Universitas Jambi.

Ramadhania N dan Parwati N. 2015. “Pengukuran Beban Kerja Psikologis Karyawan Call Center Menggunakan Metode NASA-TLX (Task Load Index) Pada PT.XYZ. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015 TI-015. Unversitas Al Azhar Indonesia. Jakarta.

Sekaran, U dan Bougie R. 2013. “Research Methods for Business: A Skill-Building Approach”. 6th-edition. John Wiley and Sons: United Kingdom.

Surat Edaran No. 008. 2020. Universitas Sangga Buana. Bandung.

Tarwaka. 2004. “Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas”. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Uniba PRESS: Surakarta.

Yusuf B B. 2018. “Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan”. Vol.1 No. 2. FKIP Untan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 1979-4835 | e-ISSN: 2721-2335

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats