ANALISIS ESTIMASI BIAYA PROYEK PEMBANGUNAN KARGO BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) KERTAJATI DENGAN METODE COST SIGNIFICANT MODEL

Authors

  • Rony Qurniawan Universitas Sangga Buana
  • Agus Rachmat Universitas Sangga Buana
  • Yushar Kadir Universiitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.2.580

Abstract

Penulis  melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan estimasi biaya proyek dengan menggunakan metode Cost Significant Model pada proyek pembangunan gedung kargo bandara. Hal ini didasarkan rumusan masalah yang penulis ajukan, yakni (1)  komponen item pekerjaan apakah yang berpengaruh secara signifikan terhadap biaya total pembangunan kargo bandara?, (2) bagaimana model estimasi biaya pembangunan kargo bandara dengan menggunakan metode Cost Significant Model?, dan (3) bagaimana perbandingan akurasi model estimasi biaya pembangunan kargo bandara dengan menggunakan  metode Cost Significant Model?.

                Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil data biaya berupa rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan kargo bandara di 3 provinsi, yakni Provinsi Jawa Barat (di Majalengka), Provinsi Jawa Tengah (di Kulon Progo), dan Provinsi Sumatra Utara (di Medan). Kemudian, biaya pekerjaan yang dimasukkan ke dalam analisis adalah (1) pekerjaan persiapan, (2) pekerjaan struktur, (3) pekerjaan arsitektur, (4) pekerjaan plumbing, (5) pekerjaan mekanikal, dan (6) pekerjaan elektrikal. Selanjutnya, analisis data dilakukan sesuai tahapan berikut ini (1) perhitungan time value, (2) menentukan cost significant item, (3) uji persyaratan untuk analisis, (4) analisis data, berupa uji analisis linier berganda, (4) pengujian model dengan Cost Model Factor (CMF).

                Hasil analisis penelitian ini adalah (1) komponen item pekerjaan yang berpengaruh secara signifikan terhadap biaya total pembangunan kargo bandara berdasarkan perhitungan dengan metode cost significant model adalah (a) X2 Pekerjaan Struktur: 63,93%, (b) X3 Pekerjaan Arsitektur: 27,77%, dan (c) X6 Pekerjaan Elektrikal: 5,69%; (2) Model estimasi biaya pembangunan kargo bandara dengan menggunakan metode Cost Significant Model di 3 provinsi adalah Y = 208,453 + 0,747 X2 + 1,505 X3 + 1,844 X6; (3) Perbandingan akurasi model estimasi biaya pembangunan kargo bandara di 3 provinsi dengan menggunakan  metode Cost Significant Model diperoleh rata-rata 47,68%, serta menurut Standar AACE International bahwa hasil estimasi biaya ini termasuk ke dalam class 2 dengan End Usage: Control or Bid/Tender sesuai tabel 2.2 pada halaman 25.

References

M. Andhini S., “Respon Masyarakat Terhadap Rencana Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Hlm. 1,” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2013.

K. P. R. Indonesia, “Bandar Udara Internasional Kertajati,” Kemenhub RI, Jakarta, 2015.

D. P. Sinurat, “Perencaan Gedung Terminal Barang Bandara Internasional Jawa Barat. Hlm. 11,” Bandung, 2008.

I. D. G. Agung Pemayun, “Praktek Estimasi Biaya dengan Metode Cost Significant Model pada Bangunan Gedung yang Memakai Arsitektural Bali. Hlm. 3,” Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, 2003.

N. L. Sariani, “Estimasi Biaya Konstruksi Gedung dengan Metode Cost Significant Model (Studi Kasus Proyek Konstruksi Gedung Pemerintah di Kabupaten Jembrana),” Universitas Udayana, Denpasar, 2011.

Published

2021-10-30