ANALISIS TINGKAT BEBAN KERJA MENTAL, STRES, DAN KELELAHAN ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Shinta Nuraeni Husniyyah, Ade Geovania Azwar

Abstract


Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kehidupan masyarakat, salah satunya berdampak pada bidang pendidikan yang menyebabkan proses pembelajaran diganti menjadi pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring bagi peserta didik wajib belajar 12 tahun, sangat dibutuhkan pendampingan orang tua, tetapi kenyataannya pendampingan yang harus dilakukan di rumah membuat banyak orang tua kewalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat beban kerja mental orang tua, tingkat stres orang tua, serta tingkat kelelahan orang tua selama mendampingi anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Objek pada penelitian ini ialah orang tua yang memiliki anak bersekolah di Kota Bandung serta mendampingi anak dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan untuk mencari tingkat beban kerja mental yaitu dengan kuesioner NASA-TLX, untuk mencari tingkat stres dengan kuesioner DASS-21, dan untuk mencari tingkat kelelahan dengan kuesioner SOFI. Hasil penelitian menunjukkan beban kerja yang diterima oleh orang tua yang mempunyai anak jenjang SD adalah 71,67, anak jenjang SMP 70,68, dan anak jenjang SMA 74,45. Secara keseluruhan tingkat stres orang tua sebanyak 185 orang berada pada kategori normal. Tingkat kelelahan orang tua yang mempunyai anak jenjang SD, anak jenjang SMP, dan anak jenjang SMA berada pada kategori sedang.

References


Susanto S, Azwar AG. Analisis Tingkat Kelelahan Pembelajaran Daring dalam Masa Covid-19 dari Aspek Beban Kerja Mental (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana). J Techno-Socio Ekon [Internet]. 2020;13(2):102–12. Available from: http://183.91.79.105/index.php/techno-socio-ekonomika/article/view/426

Putria H, Maula LH, Uswatun DA. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. J Basicedu. 2020;4(4):861–70.

Iftitah SL, Anawaty MF. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal Child Educ. 2020;4(2):71.

Listyanti H, Wahyuningsih R. Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi J Kaji Keislam Multi-Perspektif. 2021;1(1):23–48.

Wulandari S. Analisis Beban Kerja Mental, Fisik serta Stres Kerja pada Perawat secara Ergonomi di RSUD Dr. Achmad Mochtar. JOM Fekon. 2017;4(1):954–66.

Kasmarani M. Pengaruh Beban Kerja Fisik dan Mental Terhadap Stres Kerja pada Perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Cianjur. J Kesehat Masy Univ Diponegoro. 2012;1(2):18807.

Ratnasari KA. Hubungan Parenting Stress, Pengasuhan Dan Penyesuaian Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2017;3(1):85.

Widyastuti P. Manajemen Stres. Manajemen Stres. 2004. 4 p.

Maharja R. Analisis Tingkat Kelelahan Kerja Berdasarkan Beban Kerja Fisik Perawat di Instalasi Rawat Inap RSU Haji Surabaya. Indones J Occup Saf Heal. 2015;4(1):93.

Wardani A, Ayriza Y. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;5(1):772.




DOI: https://doi.org/10.32897/techno.2022.15.1.833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 1979-4835 | e-ISSN: 2721-2335

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats