PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KARANG TARUNA MELALUI COMMUNICATION SKILLS DALAM MEMPROMOSIKAN AGRO WISATA DI DESA MEKARWANGI KECAMATAN SINDANG KERTA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Elly Komala, Qisthy Rabathy, Kelvin Mohammad Yusron, Kamiliya Nabilah

Abstract


Karang taruna merupakan sebuah wadah kelompok pemuda yang ada di desa. Salah satu fungsinya ialah menjadi jembatan informasi antara masyarakat dengan aparatur desa. Kemampuan komunikasi sangat diperlukan oleh anggota karang taruna agar proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh aparatur desa pada masyarakat tepat sasaran. Maka kemampuan komunikasi ini menjadi hal yang fundamental untuk dimiliki oleh seluruh anggota karang taruna. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mekarwangi Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan, pendampingan dan juga simulasi. Diharapkan dengan kegiatan pengabdian ini, akan ada peningkatan kemampuan komunikasi antar anggota karang taruna.


Full Text:

PDF

References


H. Hermawan, Menyimak: Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

O. Hargie, Skilled Interpersonal Communication, London: Routledge, 2021.

D. Mulyana, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

R. Mulyani, D. Hernawati And M. Ali, "Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Hasil Belajar : Sebuah Studi Korelasi Siswa Menengah Atas," Bio Educatio, Pp. 82-92, 2021.

"Https://Wartapelita.Com/Kab-Bandung-Barat/Desa-Mekarwangi-Miliki-Potensi-Tinggi/," 30 Desember 2021. [Online].

A. R. Ningrum And N. K. Putri, "Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD," Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Pp. 173-182, 2020.

R. A. Putra, Widiyanti And E. Sutadji, "Keterampilan Berkomunikasi Dan Berkolaborasi Untuk Mempersiapkan Lulusan Siswa SMK," Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Pp. 1072-1077, 2020.

W. Schramm, The Process And Effects Of Mass Communication, Chicago: University Of Illinois Press, 1971.

J. Devito, Komunikasi Antarmanusia, Jakarta: Professional Books, 2010.

Biryanto, A. V. S. Hubois, K. Matindas And M. Sarma, "The Influence Of Communication Skills Toward Job Performance Of The State Civil Apparatus," Jurnal Studi Pemerintahan, Pp. 393-419, 2018.

A. A. T. Budianto, Z. Abidin And Paeno, "PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT," Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Pp. 21-30, 2018.

A. A. R. Awaludin, N. Muliyani, Julizal And A. Fitriansyah, "MEDIA YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS KARANG TARUNA," Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, Pp. 44-51, 2022.

"Http://Mekarwangi.Sideka.Id/Profil-Desa/," 21 11 2021. [Online].

O. S. Hyang, Komunikasi Itu Ada Seninya, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i2.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Jurnal Abdimas Sang Buana by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats