MODIFIKASI SISTEM INSTALASI PLAMBING PADA GEDUNG P2T POLITEKNIK NEGERI BANDUNG BERBASIS TEKNOLOGI PENGHEMATAN AIR

Authors

  • Ruth Esther Ambat Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i2.1882

Abstract

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) merupakan salah satu institusi pendidikan yang memiliki banyak gedung dalam satu area kampus. Setiap gedung memiliki fungsi-fungsinya masing-masing, baik sebagai kantor maupun tempat melaksanakan praktikum dan perkuliahan. Setiap fungsi gedung yang beragam tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, salah satunya dalam kebutuhan air bersih dan pendistribusian air buangan. Air buangan dapat digunakan kembali dengan pengolahan tertentu, sehingga air bekas wastafel,  floor drain dan air hujan tidak langsung di buang ke saluran drainase. Oleh karena itu penulis melakukan sebuah percontohan untuk penghematan air, modifikasi sistem plambing air bersih dan air kotor pada Gedung Pengembangan Pendidikan dan Teknologi Politeknik Negeri Bandung. Modifikasi direncanakan sebagai berikut: air bekas dari wastafel dan floordrain ditampung dalam suatu bak penampung yang ditempatkan di atas toilet untuk mengisi tangki kloset dan menggelontor kloset yang ada di toilet tersebut.

Modifikasi sistem instalasi plambing berbasis teknologi ini dapat ,menghemat air  sebesar 0,15 m3 setiap jamnya. Berarti dalam satu hari (asumsi pemakaian kloset adalah 8 jam), air yang dapat dihemat adalah 1,2m3/hari.

References

J. A. Ottman, The New Rule of Green Marketing: Strategies, Tools, and Inspiration for Sustainable Branding, New York: Green Leaf Publishing Limited Anonim, 2017.

Kemenkes, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaraatan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.

J. E and F. Constant , Water as an Essential Nutrient: The Physiological Basis of Hydration, Europian Journal For Clinical Nutrition, 2010.

S. G. Purnama, Diktat Dasar KEsehatan Lingkungan, Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 2018.

Sistem Plambing, SNI 03-6481-2000, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2000.

S. M. Noerbambang and T. Morimura, Perancangan dan Pemeliharaan Sistem Plambing, Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 1996.

Sistem Plambing pada Bangunan Gedung, SNI 8153:2015, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2015.

W. I. Giles, Cara Tepat Menghitung Biaya Bangunan, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

D. De, "Fungsi Sistem BAS pada Gedung," 12 September 2020. [Online]. Available: https://teknisibali.com/fungsi-sistem-bas-pada-gedung/. [Accessed 15 October 2022].

"What is a Building Automation System (BAS)? (Functions and Benefits)," [Online]. Available: https://opensourcedworkplace.com/news/what-is-a-building-automation-system-bas-functions-and-benefits. [Accessed 8 August 2022].

Downloads

Published

2022-11-28