PEMANFAATAN MESIN VACUM PENDAMPING SEALER PLASTIK POLYPROPYLENE (PP) PRODUK UMKM DAYEUHMANGGUNG

Authors

  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana
  • Ade Geovania Azwar Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana
  • Djoko Pitoyo Universitas Sangga Buana
  • Nasa Naqqasy Noor Universitas Sangga Buana
  • Muhamad Fahrulrozi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i1.2297

Abstract

Desa Dayeuhmanggung beberapa tahun yang lalu, diperkenalkan sebagai sentra pia yang kemudian berkembang dengan makanan ringan lainnya. Masyarakat Desa Dayeuhmanggung yang berprofesi menjadi pedagang/pengusaha/ pengrajin sekitar 7,6%. Untuk menunjang hal tersebut Kepala Desa Dayeuhmanggung berkeinginan untuk memajukan potensi Desa Dayeuhmanggung agar mempunyai daya tarik khususnya bidang pariwisata dan kuliner. Perkembangan produk makanan seiring berjalannya waktu akan terus berkembang dan menimbulkan persaingan semakin tinggi. Salah satu cara menjaga kualitas produk makanan adalah dengan menggunakan pengemasan yang baik, dimana pengemasan akan berpengaruh terhadap ketahanan kualitas makanan ketika sedang disimpan. Permasalahan yang dialami oleh PD. Nesif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya terkait dengan kemasan adalah mahal dan sulitnya plastik vacuum makanan di Desa Dayeuhmanggung. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk melakukan pengembangan mesin Vacuum Pendamping Mesin Sealer yang ada dengan fungsi vacuum untuk plastik Polypropylene (PP). Metode yang digunakan adalah pendampingan PD. Nesif sebagai UMKM yang mendapatkan mesin vacuum pendamping sealer hasil karya penelitian Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sangga Buana. Hasil Pengabdian ini memberikan Prototype versi 1 dan 2 dari Mesin Vacuum Pendamping Sealer. Kelebihan Mesin Vacuum Pendamping Sealer ini adalah kemudahan dalam penggunaan plastic Polypropylene (PP) yang mudah didapatkan dan harganya yang terjangkau. Dengan dikembangkannya alat vacuum pendamping Sealer tersebut, maka selanjutnya 2(dua) alat dihibahkan kepada UMKM desa Dayeuhmanggung, dengan pembekalan pengoperasian alat melalui kegiatan workshop alat vacuum Sealer tersebut.

 

References

Nasrudin I, Munandar A, Nurwathi N. Peningkatan Kualitas Produk Makanan Ringan Kelompok Usaha Kecil Menengah Di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2018;8(2).

Nurwathi N, Azwar Ag, Mardiana N, Munandar A, Pitoyo D, Nasrudin I, Et Al. Pendampingan Proses Produksi Makanan Ringan Di Pd. Nesif Desa Dayeuh Manggung Kabupaten Garut. Jurnal Abdimas Sang Buana. 2021;2(1).

Azwar Ag, . N, Mardiana N, Nurhayati L, Pitoyo D, Munandar A, Et Al. Perancangan Pemasaran Online Berbasis E-Commerce Pada Produk Umkm Pd Nesif Studi Kasus Di Desa Dayeuh Manggung Kecamatan

Mardiana N, Azwar Ag, Nurhayati L, Nurwathi N, Wijaya W, Munandar A, Et Al. Digitalisasi Pemasaran Hasil Produksi Umkm Desa. Jurnal Abdimas Sang Buana. 2022;3(1):1.

Roy B, Yosef A. J Urnal T He W Ay. Jurnal Teknik Mesin. 2019;5(April):52–69.

Nugraha Amr, Widiantoro H. Perancangan Mesin Pengaduk Otomatis Dan Higienis Untuk Olahan Bumbu Batagor Skala Umkm. Prosiding Industrial Research Workshop And National Seminar. 2020;11(1):151–7.

Rusdi Nur, S.St., Mt., Ph.D & Muhammad Arsyad Suyuti, S.T. Mt. Mesin-Mesin Industri. Grup Cv Budi Utama. 2017;5–6.

Irwansyah D, Budiyantoro C, Sunardi. Perancangan Mesin Vacuum Forming Untuk Material Plastik Polystyrene ( Ps ) Dengan Ukuran Maksimal Cetakan. Material Dan Proses Manufaktur. 2017;1(2):87–95.

Manembah Hs, Prasetya S. Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Pada Mesin Vacuum Forming. Seminar Nasional Teknik Mesin 2018. 2018;(1):103–10.

Wibowo R, Nugraha F. Perancangan Mesin Vacuum Frying Untuk Pengrajin Keripik Pare Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Prosiding Snatif. 2016;0(0):127–30.

Downloads

Published

2023-07-22