MENGGALI POTENSI WISATA ALAM DI SUNGAI CIBEUREUM DAN CURUG ALEH KOTA BANDUNG

Authors

  • Erwan Komara Universitas Sangga Buana
  • Y Ony Djogo Universitas Sangga Buana
  • Hayun Setiawan Universitas Sangga Buana
  • Doni Romdhoni Witarsa Universitas Sangga Buana
  • Dekrita Komarasakti Universitas Sangga Buana
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana
  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana
  • Resty Ismawanti Universitas Sangga Buana
  • Muhammad Iman Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i1.2651

Abstract

Sungai merupakan bagian dari alam Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan. Salah satunya sungai Cibeureum dan Curug Alehnya, yang melintas di Kelurahan Sarijadi Kota Bandung. Bentuk pelestarian sungai yang dipilih oleh TIM PKM USB YPKP adalah menjadikannya sebagai objek wisata. Dengan menggunakan metode berpikir desain (Desain Thingking), langkah empathize dan define, Tim mencoba menggali potensi wisata yang terdapat di sungai Cibeureum dan Curug Aleh. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan adanya potensi yang bisa dikembangkan di sungai Cibeureum baik dalam hal kebijakan Pemerintah setempat maupun kelayakan air. Adapun Curug Aleh, masih terdapat kendala dalam hal akses menuju ke areanya. Kesimpulannya, Tim akan melanjutkan penggalian potensi wisata ini ke tahap perencanaan dan perancangan bentuk wisata air di sungai Cibeureum.

References

Yoeti O. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Kompas. 2008;

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Kepariwisataan. 10 tahun 2009 Indonesia; 2009.

Siahaan S, Widiastuti T. Potensi Daya Tarik Wisata Alam Riam Sungai Manah Di Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. J Hutan Lestari. 2018;6(1).

Sari PS, Liwaul MY. Strategi Pengembangan Pariwisata Sungai Tamborasi.

Indrianeu T, Singkawijaya EB. Analisis Potensi Pariwisata Di Kabupaten Cianjur. J Geogr Geogr Dan Pengajarannya. 2021;19(1):73–90.

Nugroho MND, Siswahyono S, Anggoro A, Supadi S, Sumartono E. Identifikasi Potensi Objek Daya Tarik Wisata Alam di Hulu Das Bengkulu Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah. MODUL. 2021;21(1):51–62.

Utama IGBR, SE MA. Pengantar Industri Pariwisata. Deepublish; 2015.

Poerwadarminta WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia (Cet. VIII). Jakarta: Balai Pustaka. 1985;

Osly PJ, Dwiyandi F. Perencanaan Partisipatif Kawasan Ekowisata Masyarakat Berbasis Potensi Wilayah di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. J Janata. 2022;2(1):26–31.

Yusmiono BA, Januardi J. Analisis Potensi Pengembangan Objek Wisata Sungai Batanghari di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. In: Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 2019.

Refranisa R, Wicaksono R, Lestari F, Destrya F E, Romadhona S. Eksistensi Kampung Wisata Pada Tepian Sungai Cisadane Menuju Kepariwisataan Urban di Kota Tangerang. 2021;

Ambrose G, Harris P. Design thinking: The act or practice of using your mind to consider design. Lausanne AVA B. 2010;

Indonesia PR. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. 15 Tahun 2018 Indonesia; 2018.

Barat GJ. Peraturan Gubernur Jawa Barat nomor 5 tahun 2019 tentang Salinan Tata Kelola Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. 5 tahun 2019 Indonesia; 2019.

Edwandi M. Sub Sektor 07-22 Citarum Harum Bersama Kelurahan Sarijadi Bersihkan Curug Sungai Cibeureum Curug Aleh [Internet]. Media Siber Kim Cipede.com. 2019. Available from: https://www.kimcipedes.com/2019/10/sub-sektor-07022-citarum-harum-bersama_19.html

Downloads

Published

2023-07-22