PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS BAGI KARANGTARUNA DAN IBU-IBU PKK DESA SUNTEN JAYA

Authors

  • Satria Raditiyanto Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Heni Haryani Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Mutiara Indah Nirmala Dewi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Thomson R Lingga Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Sri Handayani Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Nanan Kandagasari Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Encep Rustandi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Suharyanto Suharyanto Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Cevi Mochamad Taufik Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Abstract

Bahasa Inggris masih dianggap sebagai bahasa ketiga setelah bahasa persatuan Indonesia dan bahasa Ibu. Dalam kondisi saat ini, ketika berbagai daerah di seluruh dunia sudah terkoneksi ke dalam jaringan global, Bahasa Inggris mutlak dikuasai. Bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang dapat menghubungkan seluruh warga dunia. Sebagai bahasa pengantar yang memudahkan terjadinya pertukaran berbagai potensi yang dimiliki sebuah desa, membuka peluang menumbuhkan minat warga dunia berkunjung, atau membuka kemungkinan investasi, atau bertransaksi membeli sumber kekayaan daerah. Karena itu, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Sastra Inggris Universitas Kebangsaan Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan keterampilan berbahasa Inggris kepada pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan Ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Sunten Jaya Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan PkM dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi untuk memberikan pemahaman dan pengajaran yang tepat berkenaan dengan simbol-simbol Bahasa Inggris yang harus dipahami. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah muncul kesadaran perlunya memiliki keterampilan berbahasa Inggris, agar dapat mempromosikan Sunten Jaya sebagai kawasan pertanian yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata.



DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i1.2699


References

Pamungkas C. Global Village Dan Globalisasi Dalam Konteks Ke-Indonesiaan. 2018.

Febriana Tamrin A, Yanti. Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan Di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2019;15(2):61–72.

Muslimah Ni, Rahmadani Rf, Lestari D, Ferdiansyah Re, Aditya Rt, Juneitasari L, Et Al. English Class Conversation Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Dan Kesadaran Berbahasa Inggris Pada Anak-Anak Kampung Karangan Kota Surabaya. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal Of Public Services). 2021 May 31;5(1):167.

Ayuningtyas P. Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Perangkat Desa Di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah [Internet]. Vol. 1, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021. Available From: Https://Ojs.Unkriswina.Ac.Id/

Arrahma Fz, Mutiara M, Alfarisy F. Kesadaran Mahasiswa Bahasa Asing Akan Penitngnya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnl Pendidikan Indonesia. 2022;3(1):34–42.

Prayoga Ra, Pusat K, Strategi P, Kebahasaan D, Pendidikan K, Kebudayaan D. Pola Pikir Penggunaan Bahasa Inggris Pada Masyarakat Perkotaan Di Jabodetabek. Simulacra. 2019;2(1):39–52.

Nurhakim L, Hartoyo A, Program Ds, Pendidikan S, Fkip M, Pontianak U, Et Al. Pengalaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drills And Practice di SMMMMMK [Internet]. 2017. Available From: www.Academia.Edu

Problema Pembentukan Karakter Ber-Bahasa Asing Dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Ilham Muchtar M. Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Hidayati H. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.

Downloads

Published

2023-07-22