PENGGUNAAN STORYTELLING UNTUK MEMBANTU SISWA MTS HUSAINIYAH CICALENGKA MENGENAL PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v5i2.3658Kata Kunci:
Information Technology, Information technology profession, Storytelling MethodAbstrak
Mts Husainiyah merupakan sebuah institusi pendidikan yang terletak Panenjoan Cicalengka Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa siswi sebanyak 152 orang. Dalam menghadapi era digital ini, para remaja yang baru menginjak usia dini akan menghadapi perubahan teknologi informasi yang sangat berkembang dengan cepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai pengenalan awal mengenai profesi yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi, sehingga diharapkan dapat bermanfaat di era digital ini. Metode yang digunakan dalam memberikan pengenalan tentang profesi apa saja yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi adalah dengan Metode Storytelling, yaitu suatu metode dengan bercerita dan memberikan contoh secara nyata berdasarkan pengalaman dari para relawan yang bekerja di bidang teknologi informasi. Para siswa akan menuliskan cita-cita mereka di lembar pohon cita-cita. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari pohon cita-cita tersebut, ternyata para siswa memilih profesi yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi sebanyak 25,27 % dari 91 siswa yang telah diberikan pengenalan. Target awal para siswa yang memilih profesi bidang teknologi informasi adalah 20%, sehingga hal ini melebihi target dan Metode Storytelling efektif untuk digunakan dalam aktivitas yang berorientasi pada pengabdian kepada masyarakat ini.
Referensi
Asumsi.co. Jokowi Sebut Coding Bakal Lebih Penting Daripada Bahasa Inggris. [Internet]. 2021 [cited 2022 Jun 6]. Available from: https://asumsi.co/post/7353/jokowi-sebut-coding-bakal-lebih-penting-daripada-bahasa-inggris.
Reporter-Merdeka. Pesan Jokowi: Mahasiswa Jangan Belajar Bahasa Inggris Saja, Tapi Coding Juga Penting [Internet]. 2021 [cited 2022 Jun 6]. Available from: https://www.merdeka.com/uang/pesan-jokowi-mahasiswa-jangan-belajar-bahasa-inggris-saja-tapi-coding-juga-penting.html
Utomo MCC, Putra MGL, Alfarisy GAF. Pelatihan Scratch Coding For Kids Dengan Pendekatan Permainan Digital Dan Storytelling Di SDN 017 Balikpapan. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 2019.
Wafiq C Al, Haryadi, Setyaningsih NH. Reconstruction of the Story telling Method in Learning to Retell Texts of Fables to Grade VII Students of SMP Al-Hidayah Medan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 2024 Feb 26;16(1):1–10.
Yuliani ND, Azmy FF, Isnaniah I, Noor P. Pengenalan Story Telling Sebagai Media untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Aluh-aluh. Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2024;01(01):24–8.
Aini N, Herawati Y, Sabaruddin EE. Metode Storytelling Untuk Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah di PAUD. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022;4(1).
Priyambudi S, Probowati Y. Kegiatan Story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak-Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding PKM-CSR. 2019;2.
Wea DA, Reku A, Riang Y. Penerapan Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa-Siswi SDI Weranggere, Kecamatan Witihama, Flores Timur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 2024;5(3).
Asrul N, Rahmawati R. Pelatihan
Membaca Bahasa Inggris Dengan Metode Storytelling Bagi Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Medan. Journal Of Human And Education (JAHE). 2022 Feb 25;2(1):43–9.
Purnaningsih P, Sukmawati NN, Isnaeni R. Implementasi Story Telling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Keterampilan Berbicara. Journal of Community Research and Service. 7(1).
Juanda J, Riska M, Darmawan FA. PKM Guru PAUD melalui Media Digital Storytelling Berbasis Karakter Kearifan Lokal. 2022;24(2).
Ariasih NK, Iswara AA, Sastaparamitha NNAJ. PKM Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Metode Storytelling Berbasis Multimedia bagi Anak-Anak Perumahan Citra Tegal Buah Padangsambian Kelod Denpasar. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK). 2020;4(2).