IMPLEMENTASI SISTEM SMARK UMKM DAN LITERASI INVESTASI PADA UMKM DI KOTA BANDUNG

Penulis

  • Resanti Lestari STIE Ekuitas
  • Vidya Ramadhan Putra Pratama STIE Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v5i2.3742

Kata Kunci:

Audit Pemasaran, SMARK, Literasi keuangan

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM di Kota Bandung terkait audit pemasaran menggunakan Sistem SMARK serta literasi investasi. Kegiatan ini melibatkan 7 UMKM dari 10 yang diundang dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom serta luring di gedung STIE Ekuitas. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta mengenai strategi audit pemasaran, penggunaan aplikasi SMARK untuk meningkatkan efisiensi bisnis, serta pengenalan instrumen investasi yang aman dan menguntungkan. Sebagai luaran, peserta diberikan manual book SMARK dan bahan presentasi terkait audit pemasaran serta literasi investasi, yang diharapkan dapat membantu mereka menerapkan hasil pelatihan untuk meningkatkan kinerja usaha. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sistem SMARK dan marketing audit sangat penting bagi UMKM untuk mengevaluasi dan memperbaiki strategi pemasaran secara sistematis. Penulis memberikan kontribusi nyata melalui pelatihan dan pendampingan yang mendukung UMKM dalam melakukan audit pemasaran secara mandiri. Selain itu, literasi keuangan yang diberikan membantu UMKM memahami pengelolaan keuangan yang baik serta pemanfaatan investasi yang aman, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme, mendukung pengambilan keputusan strategis, dan memastikan keberlanjutan usaha. Langkah-langkah ini menjadi krusial bagi UMKM dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif dan dinamis. Kegiatan ini memberikan dampak positif jangka panjang dengan memperkuat fondasi bisnis UMKM serta membekali mereka dengan kemampuan untuk beradaptasi terhadap tantangan pasar melalui strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan yang efektif.

Referensi

Lestari R, Syahyuti, Mulia Wibawa B, Endayani F, Setyawati D, Silalahi SAF. Confirmatory factor analysis of marketing performance dimensions: a lesson from SMEs in Malang, Indonesia. Cogent Bus Manag. 2024;11(1).

Meidina C, Telkom U. Analisis karakteristik wirausahawan dan karakteristik bisnis umkm terhadap kesuksesan umkm (studi pada seven project) analysis of entrepreneurs characteristics and sme characteristics of smes success (study on seven project). 2018;5(1):128–33.

Page LEAD, Io N. 2017 Small Business Marketing Trends Report. 2017.

Morgan NA, Jayachandran S, Hulland J, Kumar B, Katsikeas C, Somosi A. Marketing performance assessment and accountability: Process and outcomes. Int J Res Mark. 2022;39(2):462–81.

Klinčeková S, Šalgovičová J. the Role of Marketing Audit and Value of Information. Int J Innov Educ Res. 2014;2(01):8–13.

Lamberti L, Noci G. Marketing strategy and marketing performance measurement system: Exploring the relationship. Eur Manag J. 2010;28(2):139–52.

Lestari R, Wahyono R, Siswati A. E-Marketing Audit sebagai Tools Pengendalian Usaha pada UKM di Kota Malang. 2019;(2016):181–8.

Nuryakin. Competitive advantage and product innovation: Key success of Batik SMEs marketing performance in Indonesia. Acad Strateg Manag J. 2018;17(2).

Laksito H, Ratmono D. Increasing the competitiveness of creative industries based on information technology and good corporate governance in central Java. Int J Data Netw Sci. 2021;5(2):83–90.

Bawono I, Maulina E, Rizal M, Purnomo M. The Role of Knowledge Management Capability, Financial Literacy, and Problem-Solving Skills on Organizational Performance for SMEs. Front Psychol. 2022;13(October):1–3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30