OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME

Penulis

  • Yusup Junaedi Universitas La Tansa Mashiro
  • Qiswatun Mukhoyyaroh Universitas La Tansa Mashiro
  • Syahrul Anwar Universitas La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v5i2.3856

Kata Kunci:

Pembelajaran berdiferensiasi, Ethno-Realistic Mathematics Education

Abstrak

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran berdiferensiasi untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa, selain itu perlunya penggunaan bahan ajar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa melalui pendekatan berbasis Ethno-Realistic Mathematics Education. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengoptimalkan keterampilan pedagogik dan profesional guru sekolah dasar melalui pelatihan dan pendampingan pembelajaran berdiferensiasi digital berbasis Ethno-Realistic Mathematics Education. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Tunjung 1 dengan melibatkan 38 guru SD yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Korwil Kec. Tunjung Teja. Pendampingan dan pelatihan dilakukan oleh tiga dosen Universitas La Tansa Mashiro dengan pemaparan materi terkait pembelajaran berdiferensiasi, materi Ethno-RME serta berbagi praktik baik pembelajaran berdiferensiasi berbasis Ethno-Realistic Mathematics Education. Prosedur kegiatan terdiri dari observasi dan wawancara terhadap sekolah mitra, pelatihan dan pendampingan penyusunan desain pembelajaran, pengembangan pembelajaran berdiferensiasi dan penerapan Ethno- RME. Hasil dari pengabdian ini yaitu terjadi peningkatan sebesar 59,6% kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran berdiferensiasi digital berbasis Ethno-Realistic Mathematics Education.

Referensi

Junaedi Y, Khaedir Lutfi M, Anisa Kusumastuti F, Matematika P, La Tansa Mashiro S, Tangerang Raya U. Level Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Pembelajaran Hybrid.

Daw Wardani Pb. Analisis Kompetensi Guru Di Abad 21.

Ragil Widianto Atmojo I, Ardiansyah R, Yuniasih Saputri D, Mulyono H, Purnama Adi Pgsd F, Sebelas Maret U, Et Al. And Mathematich (Steam) Untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Dan Professional Guru Sd Melalui Metode Lesson Study.

Sulolipu Aa, Yahya M, Rismawanti E, Anas M. Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sd Inpres Tamanyeleng Gowa. Vol. 1, Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks. Oktober; 2023.

Triana Indrawini, Ach.Amirudin, Utami Widiati. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Bagi Siswa Sekolah Dasar. Graduate School Conferences, Universitas Negeri Malang.

Prahmana Rci, D’ambrosio U. Learning Geometry And Values From Patterns: Ethnomathematics On The Batik Patterns Of Yogyakarta, Indonesia. Journal On Mathematics Education. 2020 Sep 1;11(3):439–56.

Junaedi Y, Anwar S, Hilmi Y, Matematika P, La U, Mashiro T. Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality Berbasis Ethno-Rme Kebudayaan Suku Baduy Dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Vol. 17, Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. 2024.

Junaedi Y, Wahyudin W. Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. 2020;438(Aes 2019):196–202.

Jer Marantika, J Tomasouw, Ec Wenno. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. Ojs3.Unpatti.Ac.Id.

Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka 1haniza Pitaloka, 2meilan Arsanti.

Judul H, Waluya Dsb, Sukestiyarno Syl. Untuk Sekolah Dasar Inklusif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30