PERANCANGAN PEMASARAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA PRODUK UMKM PD NESIF STUDI KASUS DI DESA DAYEUH MANGGUNG KECAMATAN CILAWU KABUPATEN GARUT
Main Article Content
Abstract
Peran UMKM dalam pembangunan ekonomi nasional sangat besar dan penting. UMKM diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya. Salah satu peluang yang dapat dilakukan dengan memperkenalkan calon konsumen kepada produk-produk UMKM melalui teknologi yakni E-Commerce. Pemilihan E-Commerce dilakukan dengan beberapa pertimbangan seperti jumlah pengguna aktif dan manfaat yang sudah dirasakan oleh UMKM. PD Nesif adalah satu UMKM produksen makanan yang masih menggunakan pemasaran secara tradisional. Tujuan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah PD Nesif dapat memasukkan unsur teknologi dalam menjangkau calon konsumen dan tentu saja meningkatkan profit bagi PD Nesif. Hasil PkM menunjukkan bahwa Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh PD Nesif yang berkaitan dengan waktu dan komitmen dalam pengelolaan Akun E-commerce yang telah dimiliki.
Article Details
References
Hermawan, Haris, “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember,” . 2015.[Online]
Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5904
Maulana, Shabur Miftah., Susilo, Heru., Riyadi. “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 29 No 1 , 2015 [Online]
Available: https://media.neliti.com/media/publications/86512-ID-none.pdf.
Nurwathi, Ade Geovania Azwar, Novi Mardiana, Ahmad Munandar, Djoko Pitoyo, Inayati Nasrudin, Sofiani Nalwin Lina Nurhayati. Pendampingan Proses Produksi Makanan Ringan Di PD. Nesif Desa Dayeuh Manggung Kabupaten Garut. Jurnal Abdimas Sang Buana, Volume 02 No 01. 2021. [Online] Available:
http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/Abdimas_Sang_Buana/article/view/633 . Diakses: 27 Agustus 2021
Wally, Eman and Koshy, Swapna, “The use of Instagram as a marketing tool by Emirati female entrepreneurs: an exploratory study” 2014, Hal 1-19. [Online]
Available https://ro.uow.edu.au/dubaipapers/621
Databoks.katadata.co.id, 2021, [Online] Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa#:~:text=Di%20Indonesia%2C%20jumlah%20pengguna%20Instagram,sebesar%2091%2C77%20juta%20pengguna. Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.00 WIB
Ginee.com, 2021, [Online] Available: https://ginee.com/id/insights/jumlah-pengguna-marketplace-android/ Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.10 WIB
Katadata.co.id, 2021, [Online] Available: https://katadata.co.id/yuliawati/digital/608fc9fd30bac/survei-kic-mayoritas-umkm-berdagang-online-di-shopee-dan-tokopedia Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.20 WIB
Sastika,Widya, “Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus : Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017),” Ikraith-Humaniora, Vol 2, No 2, 2018. [Online]
Available:http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-umaniora/article/download/127/56
Santoso, Erica Delia, Novia Larasati, “Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Volume 13, No 1, Hal 28-36, 2019. [Online] Available: https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/download/99/89