MENINGKATKAN ERGONOMI KERJA DI MESIN SPOT 18 G - PART ADM DENGAN MENGHILANGKAN WASTE PROSES HANDLING PART DAN TROLLEY SERTA PERUBAHAN DESIGN LAYOUT (STUDI KASUS DI PT DHARMA POLIMETAL TBK. CIKARANG)

Kiki Zatnika, Hamdan Amaruddin

Abstract


Persaingan pada industri manufactur yang semakin ketat menuntut pengelolaan perusahaan yang baik. Dalam hal ini diperlukan pengukuran kinerja perusahaan sehingga dapat disusun strategi yang dapat meningkatkan efektifitas dan produktivitas kinerja perusahaan. Industri komponen otomotif yang ada di Indonesia saat ini sdang mengalami fase - fase kritikal yang menentukan keberlangsungan perusahaan di masa depan. Industri komponen dituntut untuk dapat bersaing ketat dari sisi Quality, Cost, Productivity dan Delivery untuk dapat survive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja line spot welding G-Part Astra Daihatsu Motor (ADM) dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas line spot welding yaitu antara lain; manusia, metode, mesin dan material. Dengan demikian mampu menciptakan suatu Lean Excellent dengan Ergonomi kerja yang baik dan mampu meminimalisir terjadinya pemborosoan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Metode analisa data menggunakan seven tools, PDCA dan analisis muda, mura, muri. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode tersebut mampu meningkatkan produktivitas yang ada di line spot welding dari 1758 unit menjadi 2462 unit untuk jam kerja yang sama, selain itu mampu memberikan keuntungan dengan menghasilkan space area sebesar 39,48 m² dari sebelumnya 9,4 m².

Full Text:

PDF

References


Krolczyk JB, Krolczyk GM, Legutko S, Napiorkowski J, Hloch S, Foltys J, et al. Optimizacija toka materijala-analiza slučaja u industriji motornih vozila. Teh Vjesn. 2015;22(6):1447–56.

Nopitasari P, Anugraha RA, Juliani W. Implementasi Kaizen Pada Proses Produksi Galon Air Mineral Untuk Meminimasi Waste Waiting Menggunakan Metode Lean Manufacturing Implementation of Kaizen in Mineral Water Gallons Production Process To Minimize Waste Waiting Using Lean Manufacturing Method. e-Proceeding Eng. 2018;Volume 5(3):6644–52.

Zamrodah Y. Usulan Perbaikan Proses Produksi Flat Bar Dengan Metode Lean Manufacturing (Studi Kasus: PT. Jatim Taman Steel Mfg Plant Gresik). 2016;15(2):1–23.

Ristyowati T, Muhsin A, Nurani PP. Minimasi Waste pada Aktivitas Proses Produksi dengan Konsep Lean Manufacturing. Opsi. 2017;10(1):85.

Burhanudin R. Perancangan Lean Production Dengan Pendekatan Value Stream Mapping Dan Ergonomi Guna Eliminasi Waste Pada Proses Buffing Panel Upright Studi Kasus PT. Yamaha Indonesia.

Tarwaka. Ergonomi Industri. Surakarta. 2022.

Imron M. Analisis Tingkat Ergonomi Postur Kerja Karyawan Di Laboratorium Kcp Pt. Steelindo Wahana Perkasa Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula), Rapid Entire Body Assessment (Reba) Dan Ovako Working Posture Analisys (Owas). JITMI (Jurnal Ilm Tek dan Manaj Ind. 2020;2(2):147.

Handoko andre. Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Pendekatan Pdca Dan Seven Tools Pada Pt. Rosandex Putra Perkasa Di Surabaya. Nurs Womens Health. 2017;6(4):327–31.

Wisnubroto P, Rukmana A. Pengendalian Kualitas Produk Dengan Pendekatan Six Sigma Dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools Sebagai Usaha Pengurangan Kecacatan Produk. J Teknol. 2015;8(1):65–74.

Widyahening CE. Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. J Komun Pendidik. 2018;2(1):11.




DOI: https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia