PENGGUNAAN LEAST SQUARE DALAM PREDIKSI PENINGKATAN PENJUALAN KERUDUNG DI TOKO AZMEELA

Authors

  • Dhea Mulqi Amalia Haidy Universitas Sangga Buana
  • Riffa Haviani Laluma Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1923

Abstract

Persaingan bisnis di era yang semakin mengglobal saat ini mendorong banyak perusahaan untuk memotivasi karyawannya agar dapat mencapai target penjualan. Bisnis perlu lebih khusus dalam perencanaan teknik mereka untuk meningkatkan penjualan setiap hari karena ketidakpastian permintaan pelanggan setiap hari. Salah satu hal yang dapat dilakukan manajemen adalah mengantisipasi berapa banyak uang yang akan diperoleh dari penjualan (sales forecasting). Azmeela merupakan brand yang menjual keudung dengan beragam jenis keurudung. toko Azmeela selama ini mengalami penjualan fluktuatif hal  ini dikarenakan belum adanya sistem prediksi yang diterapkan. Tujuan membuat sistem berbasis web dengan Teknik menggunakan metode Least Square. Sehingga melalui sistem ini perusahaan dapat menyusun strategi penjualan. Dengan sistem berbasis web ini pengguna aplikasi web dapat dengan mudah untuk memprediksi penjualan berdasarkan dengan data yang sebelumnya sudah ada dengan mudah dan efisien.

References

Alam IA, Golok Jaya LM, Ransi N. Penerapan Algoritma K-Means untuk Pengelompokan dan Metode Least Square Untuk Prediksi Penjualan Barang (Studi Kasus: Buana Mart Kendari). 6(1):1–5. Available from: http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik147

Azmeela Hijab. Tentang Kami - Azmeela [Internet]. azmeela. 2017 [cited 2022 Jun 27]. Available from: https://azmeela.com/about-us

Kurniawan YA, Nurhadiyono B. Komparasi Metode Least Square dan Double Exponential Smoothing untuk Menganalisis Pendapatan Retribusi Uji Kendaraan Bermotor. Vol. 207, Nuswantoro Semarang Jl. Imam Bonjol No.

Rodiyah S. Implementasi Metode Least Square Dalam Memprediksi Patty Cash Di Jank-Jank Wings Blitar. 2020;

Putra Pamungkas D. Implementasi Metode Least Square untuk Prediksi Penjualan Tahu Pong. Vol. 2, Jurnal Ilmiah NERO. 2016.

P.Manurung BU. Implementasi Least Square Dalam untuk Prediksi Penjualan Sepeda Motor (Studi Kasus: PT.Graha Auto Pratama).

Purnomo E, Najib A, Nyura Y, Samarinda PN, Infomasi T, Informatika T, et al. Penerapan Metode Trend Moment Untuk Forecast Penjualan Barang di Indomaret. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. 2018;3(1).

Ridwan A, Faisol A, Santi Wahyuni F. Penerapan Metode Least Square untuk Prediksi Penjualan Berbasis Web pada Doni Sport Malang. Vol. 4, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. 2020.

Kurniawan. Bayu T. Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman. 2020;

Ratna Patria. User Interface. Https://Www.Domainesia.Com/Berita/User-Interface/. 2020.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles