PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PENILAIAN DAN EVALUASI KEHADIRAN KARYAWAN PADA PRESENSI BERBASIS QR CODE (STUDI KASUS RITMALL)

Authors

  • Noviarsih Indah Pertiwi Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Teguh Nurhadi Suharsono Universitas Sangga Buana
  • Andy Victor Pakpahan Institut Digital Ekonomi LPKIA

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1926

Abstract

RitMall One Stop IT Solution merupakan suatu perusahaan yang bergerak  di bidang jasa pembuatan aplikasi website. Terdapat kendala yang dihadapi pada presensi karyawan di perusahaan ini yaitu dalam presensi karyawan masih dilakukan secara tertulis belum menggunakan sistem terkomputerisasi. Presensi merupakan sebuah pengambilan data guna mengetahui jumlah kehadiran karyawan pada suatu Instansi Pemerintah / Perusahaan. Telah dilakukan analisis pada perusahaan RitMall, dimana kendala yang sering terjadi diantaranya mengisi presensi masih menggunakan kertas dengan cara tanda tangan pada setiap karyawan. Dan terjadi kelemahan dalam kehadiran karyawan untuk mendata kehadiran perbulan akibat laporan presensi yang kurang tepat dan akurat serta dalam penilaian kehadiran sulit untuk ditentukan sebagai bahan evaluasi. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah sistem presensi qr code karyawan berbasis website yang memberikan kemudahan dalam presensi dan mempermudah untuk mengelola data karyawan serta dalam penilaian kehadiran karyawan sebagai evalusi maka menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk mempermudah dalam penilaian karena metode SAW melakukan perhitungan normalisasi dan perangkingan untuk menentukan karyawan mana yang terbaik dalam kehadirannya.

References

Andriani I, Ridarmin, Kurniawan R. Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Dinas Perdagangan Kota Dumai Menggunakan Sms Gateway. Lentera Dumai. 2018;9(2):15–25.

Subiantoro, Sardiarinto. Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web. Jurnal Swabumi. 2018;6(2):184–9.

Agustini F, Ariska ER, Informasi S, Kampus A, Karawang K, Bina U, et al. Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Dengan Model Fuzzy Model Atribute Decision Making ( Fmadm ). Jurnal Techno. 2019;16(1):21–8.

Achmad YF, Laday RK, Kusuma DAP. Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Penilaian Kinerja Karyawan Di Pt Cirill Indonesia. Sebatik. 2021;25(1):214–20.

Rihastuti S, Rosyidi A, Setiyawan M. Penerapan Metode Saw Untuk Merancang Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Stmik Amikom Surakarta. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. 2019;881–8.

Saputra RH, Latifah K, Informatika PS. Web Menggunakan Metode Prototipe. 2020;5(Sens 5):615–23.

Lubis DJ, Fadil NM. Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk Menentukan Siswa Bermasalah di SMK Taruna Terpadu 2 Bogor. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains. 2020;10(1):35–44.

Frindo MM. Sistem Penunjang Keputusan dalam Evaluasi Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW pada PT. Sierad Produce. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 2018;3(1):13.

M, Aditya, N., Samopa, F., & Wibowo, Prasetianto, R. (2013). Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint. 2(3).

Andriani, I., Ridarmin, & Kurniawan, R. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Dinas Perdagangan Kota Dumai Menggunakan Sms Gateway. Lentera Dumai, 9(2), 15–25.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles