REKOMENDASI PENENTUAN BONUS BAGI PEMASAR TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS STUDI KASUS RITMALL

Authors

  • Arief Dwi Muhidin Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Teguh Nurhadi Suharsono Universitas Sangga Buana
  • Andy Victor Pakpahan Institut Digital Ekonomi LPKIA

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1930

Abstract

Ritmall Bandung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa pembuatan website serta perusahaan ini memiliki perantara yaitu pemasar dalam mengenalkan produk dan jasa perusahaan. Terdapat kendala yang dihadapi yaitu proses penentuan pemasar terbaik masih secara subjektif yang dimana melihat dari hasil total penjualan dan tidak melihat dari kriteria lain. Adapun masalah pada proses pengolahan bonus yang masih dengan cara mengurutkan total penjualan terbanyak yang dimana setiap ada total penjualan yang sama maka manager akan sulit untuk memberikan bonus karena masih dengan cara mengurutkan dari yang terbanyak ke terkecil. Bonus diberikan sebagai apresiasi dan pendorong semangat bagi pemasar. Pada penelitian ini dibangun sistem perangkat lunak yang dapat membantu melakukan proses penentuan bonus bagi pemasar terbaik secara objektif yang dimana melihat data dari beberapa kriteria seperti total penjualan, presensi kehadiran, absensi tidak hadir, penguasaan tugas dan umpan balik pelanggan. Metode pengambilan keputusan yang digunakan dalam penentuan pemasar terbaik menggunakan metode TOPSIS karena dapat melakukan normalisasi data serta menjadikan data minimal dan maximal dari suatu penilaian pemasar menjadi suatu rekomendasi atau patokan yang dapat diolah menjadi suatu urutan perangkingan. Dengan adanya sistem ini dapat menampilkan hasil penilaian yang objektif, adil dan jujur dengan menggunakan beberapa kriteria penilaian.

References

Agusli R, Muhammad Iqbal Dzulhaq UK. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS. Sist Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tah Karyawan Menggunakan Metod TOPSIS [Internet]. 2017;1(1):53–8. Available from: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/42/39

Mardiyati SRI. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan. Fakt Exacta. 2017;9(1):63–71.

Sutinah E. Copyright@2017. P2M STMIK BINA INSANI Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Profile Matching Dalam Pemilihan Salesman Terbaik. Informatics Educ Prof. 2017;2(1):29–42.

Muljadi A, Khumaidi A, Chusna NL. Implementasi Metode TOPSIS Untuk Menentukan Karyawan Terbaik Berbasis Web Pada PT . Mun Hean Indonesia. J Ilm Merpati. 2020;8(2):101–12.

Andita AR, Dewi CK. Pengaruh Bauran Pemasaran Green Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk the Body Shop ( Studi Pada Pengguna the Body Shop Di Kota Bandung ) the Influence of Green Marketing Mix on the Body Shop Product Buying Decision Process ( Studies on the. 2016;3(1):715–22.

Gianty G. J Exp Psychol Gen [Internet]. 2017;136(1):23–42. Available from: http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf

Kasmir. Manajemen sumber daya manusia (teori dan praktik) / Kasmir [Internet]. Pearson Prentice Hall; 2016. Available from: https://onesearch.id/Record/IOS4644.slims-58266

Rachman R, Marjito M. Perancangan Sistem Monitoring Dokumentasi Problem Solving Dengan Codeigniter (Studi Kasus : Iti Rsud Banyumas). J Comput Bisnis. 2020;14(1):19–29.

Rahman A, Usman M, Ahmar AS. The development of android and web-based logical thinking measurement tools as an alternative solution for research instruments. In: Journal of Physics: Conference Series. 2018. p. 12168.

Yanuarti E. Prototipe Sistem Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar. J Edukasi dan Penelit Inform. 2017;3(2):111.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles