PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN MEMBER GYM BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: GALBY GYM PADALARANG)

Authors

  • Dewa Fadila Ramdhani Universitas Sangga Buana
  • Beki Subaeki Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1931

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang sistem informasi pengelolaan member yang lebih aman untuk Galby Gym Padalarang. Saat ini, pengelolaan data member pada Galby Gym padalarang masih dilakukan secara manual, dimana data pribadi calon anggota ditulis pada kartu member keanggotaan dan juga disalin ke buku khusus yang berisi daftar anggota. Sistem ini memiliki banyak kekurangan seperti data anggota dapat dengan mudah hilang atau rusak. Mengetahui adanya kelemahan pada sistem pengelolaan member pada Galby Gym Padalarang, maka penulis bermaksud untuk mengembangkan sistem informasi pengelolaan member berbasis web untuk membantu keamanan dan mempermudah mengelola data. Untuk merancang informasi sistem keanggotaan berbasis web, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung. Program ini kemudian dibuat dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL untuk penyimpanan basis datanya. Tahap utama perancangan sistem meliputi analisis kebutuhan perangkat lunak, perancangan sistem, pengkodean, pengujiani, serta implementasi program yang dibuat. Diharapkan sistem informasi berbasis web yang dirancang ini akan memperbaiki kekurangan yang dimiliki sistem yang berjalan saat ini untuk Galby Gym Padalarang.

References

Safitri NU, sabandi ahmad. Sistem Informasi Manajemen. 2019.

Sciences H. Sistem Informasi Konsep Dasar. Sist Inf konsep dasar. 2016;4(1):1–23.

Subaeki B. Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Menggunakan Metode Enterprise Arsitektur Planning. J Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknol Inf. 2017;3(2).

Tobing YR. Perancangan Sistem Informasi Membership pada Vitka Fitness Berbasis Web. 2017;110265:110493.

Yuliani W. Metodologi Pengembangan Sistem [Internet]. Media Mahasiswa Indonesia. 2021 [cited 2022 Sep 23]. Available from: https://mahasiswaindonesia.id/metodologi-pengembangan-sistem/

Teknova P. 6 Cara Jitu dalam Pengembangan Sistem Informasi [Internet]. Profio Indonesia. 2020 [cited 2022 Sep 23]. Available from: https://profio.co.id/6-cara-jitu-dalam-pengembangan-sistem-informasi/#:~:text=Seperti namanya%2C pengembangan sistem informasi,model dan metodologi yang digunakan.

Purnomo D. Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. JIMP (Jurnal Inform Merdeka Pasuruan). 2017;2(2).

Hidayat D. Rancang Bangun Sistem Informasi Pencatatan Pembayaran Dpp Mahasiswa Kelas Khusus Pada Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana Ypkp. 2017;

Nugraha SD. Sistem Informasi Manajemen Member soen Barbell Fitness. 2019;

Sutabri T. Analisis Sistem Informasi. Putri C, editor. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET; 2012.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles