PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEMINAR PEMASARAN PADA PERUSAHAAN BISNIS AMWAY

Heqi Fatiha Putri, Suharjanta Wisnu Pitara

Abstract


Saat ini dunia bisnis semakin berkembang pesat dan semakin marak perusahaan yang mengembangkan bisnis menggunakan strategi Multi Level Marketing (MLM) atau network marketing. Teknik pemasaran ini dilakukan secara berjenjang atau berantai, tenaga penjualnya atau sales (upline) tidak hanya mendapatkan kompensasi dari penjualan yang dihasilkan dirinya sendiri, tetapi mendapatkan juga kompensasi dari hasil penjualan sales yang telah mereka rekrut sebelumnya(downline). Salah satu bisnis MLM yang berkembang pesat yaitu Amway yang didirikan oleh Rich DeVos dan Jay Van Andel pada 1959 dari Michigan, Amerika Serikat, kemudian bisnis ini berkembang di berbagai negara. Sebagai contoh, di Indonesia perusahaan yang memegang lisensi penjualan langsung dan distribusi produk Amway yaitu PT.Amindoway Jaya dan TQG Sdn Bhd di Malaysia. Dalam menjalankan bisnis sistem MLM tergolong tidak mudah sehingga diperlukan sosialisasi, konsultasi dan pelatihan sebagai edukasi kepada para anggotanya melalui acara seminar. TQG Sdn Bhd sendiri sudah mempunyai sistem informasi untuk mengelola seminar tersebut. Mulai dari mengelola data user (upline dan downline), event atau seminar, tiket seminar, transaksi pembelian tiket, membership atau keanggotaan, pencapaian anggota, artikel, dan laporan. Penelitian ini akan membahas mengenai pengembangan pada fitur tiket, fokus pada penambahan dua fitur baru : fitur transfer tiket dan upgrade tiket.

Full Text:

PDF

References


Fahri MA. Pengantar Konsep Dasar I Informasi Kumpulan Artikel

Yani, Diarsi Eka. "Pengertian, Tujuan dan Manfaat Seminar." Modul 1 (2017): 1-23.

Vikas Waghmare D, Pratibha Adkar P. Agile Development using Ruby on Rails Framework. 2019.

Suryawinata OM. Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS. 2019.

Chandra Wibawa J. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus : Smpit Nurul Islam Tengaran). Jurnal. 2017;2(2).

Destriady D, Fenny Syafariani R. Sistem Informasi Akademik SMP Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Jurnal. 2017;2(2).

Konstruksi Realitas Sosial Anggota Multi Level Marketing Fashion di Kota Jember Construction of Social Reality of Fashion Multi Level Marketing Members in Jember City.

Putri AE. Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Vol. 4, Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 2019.

Wahid AA. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK Oktober (2020) Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Rejeki MS, Tarmuji A. Membangun Aplikasi Autogenerate Script ke Flowchart untuk Mendukung Business Process Reengineering. Vol. 1, Jurnal Sarjana Teknik Informatika.




DOI: https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia