PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN RADIO LOKOMOTIF DI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 2 BANDUNG

Authors

  • Afiyanti Afiyanti Universitas Sangga Buana
  • Khaerul Manaf Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1936

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi pada masa kini merupakan wujud nyata dari manusia yang berjuang untuk mencari solusi mudah dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin bertambah, begitu pula pada moda transportasi. Kebuthan moda transportasi Cepat, aman dan nyaman yang menjadi alasan kuat bagi para pengguna jasa kereta api penumpang maupun barang untuk menjadikan transportasi umum favorit. Kereta Api merupkahan salah satu trasnportasi darat yang dinilai efisien dan untuk meningkatkan pelayanan tentunya terdapat kiat-kiat yang harus dilakukan. Untuk itu PT. KAI (PERSERO) menggunakan sistem radio lokomotif sebagai cara dalam memantau perjalanan kereta api agar lancar dan aman. Karena penggunaan radio lokomotif secara teus menerus sesuai perjalanan, dengan kondisi tersebut radio lokomotif harus dalam keadaan baik. Dalam kegiatannya, tentunya kereta api yang selalu digunakan harus mendapat perhatian khusus pada Pemeliharaannya. PT. KAI melakukan Pemeliharaan dalam kurun waktu 3 bulanan sekali. Sehingga membuat mekanisme Pemeliharaan lebih banyak dan sistem pengolahan data juga lebih banyak, baik data program Pemeliharaan, data komponen, data pantauan pekerjaan dan data perbaikan serta evaluasi perkerjaan. Oleh karena itu peneliti ingin membuat sistem informasi berbasis web untuk Pemeliharaan radio lokomotif untuk menampilkan informasi mengenai penjadwalan dan komponen apa saja yang sudah di periksa dan belum di periksa, yang akan diuraikan dalam penelitian ini dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pemeliharaan Radio Lokomotif di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung”.

References

Abimanyu A. Evaluasi penggerak wesel elektrik di stasiun wonokromo. Politeknik Transportasi Darat Indonesia; 2021.

Ismianingtyas R, Agustina IF. Kualitas Pelayanan Transportasi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijak dan Manaj Publik). 2017;5(1):125–40.

Salafudhin M, Sutjahyani D. Analisis Anggaran Dan Realisasi Sebagai Alat Bantu Untuk Mengukur Efektivitas Dan Efisiensi Pada Pt.Kereta Api Indonesia (Persero) Upt Balai Yasa Surabaya Gubeng. 2016;15(2):1–23.

Nugraha H, Yulia L. Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Upaya Meminimalkan Kecelakaan Kerja Pada Pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero): Studi kasus pada Depo Lokomotif Daop 2 Bandung PT. KAI. J Ilm Manaj. 2019;10(2).

Purbangkara R, Widianto ED. Sistem Informasi Laporan Pekerjaan PT. KAI Daop IV Semarang Bagian Sistem Informasi Berbasis PHP. 2018.

Nur’aini RD. Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA lNformasi dan Ekspose Has Ris Tek SIpil dan Arsit. 2020;16(1):92–104.

Yustikasari M. Manajemen Sarana Dan Prasarana Perkeretaapian Di Pt . Kereta Api Indonesia ( Persero ) Daerah Operasi ( Daop ) VII MADIUN. 2011.

Wira D, Putra T, Andriani R. Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. 2019;7(1).

Hendini A. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. J Khatulistiwa Inform. 2016;2(9):107–16.

Supriatna R. Implementasi Dan User Acceptnace Test ( UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2018.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles