SISTEM PAKAR DIAGNOSIS DINI PENYAKIT MULUT DAN GIGI PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS ANDROID

Muhammad Ilham Solehudin, Gunawansyah Gunawansyah

Abstract


Dalam perkembangan teknologi mobile saat ini berpengaruh pada kehidupan keseharian manusia, pada diagnosis penyakit dini mulut dan gigi. Penyakit dini mulut dan gigi ialah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. dengan teknologi mobile dapat membantu diagnosis dini penyakit mulut dan gigi. Sistem pakar merupakan sebuah sistem yang menggunakan sistem kecerdasan buatan. Secara umum, sistem pakar adalah suatu sistem yang dapat menyamai pengetahuan para ahli. Sistem seorang pakar ini menerapkan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran untuk mengatasi masalah yang umumnya hanya dapat dilakukan oleh para ahli pakar. dikenal juga dengan nama ilmu pengetahuan sistem adalah aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu memudahkan dalam pengambilan keputusan masalah pada bidang tertentu. Penelitian ini dalam wawasan pada pakar penyakit dini mulut dan gigi, dengan perihal ini adalah dokter pada klinik Cikutra Sehat dr.Yohanes kedalam aplikasi android dan website yang mampu mendiagnosis dini penyakit mulut dan gigi dengan menampilkan gejala-gejala penyakit yang berkaitan dengan apa yang dapat dipilih oleh pasien, sehingga dapat dihasilkan suatu diagnosis penyakit yang diderita oleh pasien. Dalam penelitian ini digunakan metode Dempster Shafer. Aplikasi sistem dibuat dengan menggunakan Teknologi Framework Flutter dan Codeigniter 3 dengan basis data menggunakan MySQL.

Full Text:

PDF

References


Prasanti D, Sri D, Indriani S. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem E-Health Alodokter.Com the Use of Information and Communication Technology in E-Health System Alodokter.Com. Jurnal Sosioteknologi [Internet]. 2018;17(1):93–103. Available from: http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/6294

Wandy W, Catur Bhakti MA. Kalibrasi Aplikasi Pengukur Tingkat Suara Berbasis iOS Dengan Perangkat Pengukur Tingkat Suara Digital Di Satuan Tingkat Tekanan Bunyi dBA. Jurnal Teknologi Informasi. 2020;6(1):13–8.

Institut D, Islam A, Indonesia A. Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4 . 0. :1–23.

Royana. Jurnal Pengabdian Olahraga di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Olahraga di Masyarakat. 2020;2(40):10–2.

Tia T, Nuryasin I, Maskur M. Model Simulasi Rational Unified Process (RUP) Pada Pegembagan Perangkat Lunak. Jurnal Repositor. 2020;2(4):485.

Mahmudi A, Prasetio S, Harnadi RE, Informatika T. Sistem Pakar Untuk Identifikasi Masalah Printer Cannon Seri IP Dan MP Dengan Metode Dempster-Shafer. :49–58.

Yuki Saputra, Sumijan, Abulwafa Muhammad. Sistem Pakar Diagnosis Kelainan Sistem Pencernaan Pada Anak dengan Metode Dampster Shafer. Majalah Ilmiah UPI YPTK. 2019;(26):1–11.

Yunitasari Y, Voutama A, Sulistiyowati N. Perbandingan Metode Certainty Factor dan Dempster Shafer untuk Sistem Pakar Depresi Pasca Melahirkan. TechnoCom. 2021;20(3):362–71.

Setiyani L. Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. 2019;4(1):1–9.

Pratama RK, Piliang F. Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi. 2019;1(2):144–57.




DOI: https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia