PENGARUH BRAND EQUITY, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUV DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32897/sobat.2024.6.1.4173Keywords:
Brand Equity, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Salah satu cara untuk mengetahui keputusan pembelian adalah dengan melakukan analisis tanggapan konsumen. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut berkenaan dengan keputusan pembelian dari konsumen dalam pembelian produk. Seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dan di pengaruhi beberapa faktor, diantaranya karena brand equity dan kualitas produk yang diberikan perusahaan. Persaingan antar perusahaan saat ini semakin ketat,dimana merek memiliki peran penting dan menjadi aset perusahaan yang paling bernilai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kasual dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang disebar dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini sebanyak 190 (seratus sembilan puluh) responden bagi pemilik Mobil Middle SUV Ladder Frame Diesel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis, serta menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpenaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2019). Marketing Management. 4th Edition
Kartajaya, Hermawan. 2013. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Aaker, David A. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press
Rahardjo, D. T., & Yulianto, A. E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Setan Di Surabaya. 1–16.
A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2019). Niken Nanincova. 7(2).
Hutauruk, E. winda. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan nasabah memilih tabungan investa cendekia pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sibolga [IAIN Padangsidimpuan.]. In IAIN Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3314/1/1540100016.pdf
Lestira, T., Warganegara, P., & Alviyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 26–33.
Silviana, M. (2013). ”Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone)”. 26(4), 185–197. http://repository.umpalopo.ac.id/329/3/BAB - 201620201.pdf
Yenti, R., Sabri, S., & Nasfi, N. (2020). Analisis Pengaruh Merek , Harga, Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Levi’S Tailor Simpang Senggol Biaro Kab.Agam. Jurnal Ekonomi, 23(2), 97–116. https://doi.org/10.47896/je.v23i2.182