Implementasi Metode Systematic Layout Planning dalam Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Injeksi di PT. Lucas Djaja

Penulis

  • Luthfi Mauriza Universitas Sangga Buana
  • Sofiani Nalwin Nurbani Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.2.2.1207

Kata Kunci:

Tata letak, Systematic Layout Planning, Ongkos Material Handling

Abstrak

Divisi injeksi merupakan pengembangan dari divisi produksi di sebuah industri manufaktur farmasi PT Lucas Djaja yang mana penanganan material handling menjadi sebuah pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas produk dalam produksi obat-obatan steril yang dihasilkan. Karena saat ini terdapat kekurangan dari segi tata letak fasilitas, maka dilakukan penelitian berupa perbaikan pada tata letak fasilitas produksi di divisi injeksi. Systematic Layout Planning merupakan metode yang kali ini digunakan untuk perbaikan tata letak keterkaitan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya yang menjadi perhatian utama. Penelitian yang akan dilakukan berupa perbaikan tata letak fasilitas produksi divisi injeksi ini berdasarkan adanya kekurangan dalam tata letak fasilitas saat ini,. Metode systematic layout planning digunakan dalam perbaikan tata letak dengan memperhatikan keterkaitan antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Menganalisa proses yang dilakukan saat produksi serta memperhatikan tataletak fasilitas yang ada menjadi tahapan awal dalam penelitian ini. Kemudian ditarik kesimpulan hasil perhitungan ongkos material handling untuk memilih tata letak dengan aliran paling pendek dan biaya material handlingnya lebih sedikit. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa tata letak yang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah tata letak usulan. Dengan didapatkannya penghematan 213,65% dari total jarak tempuh material handling sebesar 401.91 meter dengan biaya ongkos sebesar Rp697.083.333

Biografi Penulis

Luthfi Mauriza, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Elektro

Sofiani Nalwin Nurbani, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Referensi

Apple, J. M. G., and N. M. T. Mardiono. 1990. Tataletak Pabrik Dan Pemindahan Bahan. Penerbit ITB.

Prasetya, Yefta Yosi, Johan K. Runtuk, and Lusia P. S. Hartanti. 2015. “Analisis Tata Letak Fasilitas Dalam Meminimasi Material Handling (Studi Kasus: Perusahaan Roti Matahari).” Gema Aktualita 4(1).

Robinson, Derek. 2005. “Good Design Practices for GMP Pharmaceutical Facilities Edited by Andrew A. Signore and Terry Jacobs Taylor & Francis, CRC Press. Boca Raton, Florida. 2005. £115. 550 Pp. ISBN 0-8247-5463-8.” Organic Process Research & Development 9(6). doi: 10.1021/op050153c.

SARASWATI, RAHAJU, ALI AZHAR, MUDJAHIDIN MUDJAHIDIN, and DEDY KUNHADI. 2012. “PERANCANGAN GROUP TECHNOLOGY LAYOUT DI PT DPS SURABAYA DENGAN METODE SIMULASI DAN TAGUCHI.” Jurnal Teknik Industri 12(2). doi: 10.22219/jtiumm.vol12.no2.104-109.

Sutalaksana, Iftikar. 2006. “Teknik Perancangan Sistem Kerja.” ITB Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel