Implementasi Metode Standardized Unitless Rating pada Proses Pemilihan Vendor dalam Pengadaan Bertinmini Trace Csdf Multipurpose Device (Si Version)

Penulis

  • Nisa Muftiah Universitas Sangga Buana
  • Sofiani Nalwin Nurbani Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.3.1.1209

Kata Kunci:

Nilai performansi, Vendor, SUR

Abstrak

Pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia saat ini diteliti dan dikembangkan oleh Badan Tenaga Nuklir (BATAN) yang merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementrian. Terdapat 3 buah reaktor nuklir di indonesia yang dioperasikan oleh BATAN, yakni Reaktor Triga Mark II sebanyak 2 buah berada di Bandung dan sebuah Reaktor Nuklir 30 MW berada di Serpong. Reaktor nuklir pertama di indonesia dibagun di kawasan nuklir bandung pada tahun 1966 yang bertempat di jalan Taman Sari dengan area sekitar 3 hektare dan terdapat juga Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) di kawasan ini. Guna mengetahui vendor alat deteksi radiasi yang terbaik untuk proses Pengadaan BertinMini Trace Multipurpose Device (SI Version), maka dilakukan penelitian dengan cara membandingkan nilai performansi hasil kinerja dari tiap vendor. Untuk menilai kinerja dari tiap vendor dapat dilakukan dengan metode Standardized Unitless rating (SUR). Dengan metode ini akan didapatkan urutan jasa ekspedisi prioritas dari hasil perhitungan tingkat kepuasan dan keraguan berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. Hasil perbandingan penilaian vendor dengan menggunakan metode perhitungan SUR diperoleh urutan nilai vendor terbaik adalah CV. Prakasa Cahaya Abadi dengan nilai 0,32, kemudian vendor CV. Tritama Bhakti dengan nilai 0,15, dan yang terakhir vendor PT. Tridinamika Jaya Instrumen dengan nilai -0,11.

Biografi Penulis

Sofiani Nalwin Nurbani, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Referensi

Anwar, Sariyun Naja. 2013. “Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management): Konsep Dan Hakikat.”

Erfaisalsyah, M. H., A. Mansur, and A. U. Khasanah. 2017. “Yarn Supplier Selection Using Analytical Hierarchy Process (AHP) and Standardized Unitless Rating (SUR) Method on Textile Industry.” in AIP Conference Proceedings. Vol. 1902.

Guci, Yolanda. 2016. “Pengertian Purchassing Dan Prosedur Dalam Proses Purchasing.” Linkedin.

Guslan, Darfial, and Yahya Amri Nasrullah. 2020. “Analisis Perbandingan Metode Standardized Unitless Rating (SUR) Dan Linear Programming Dalam Pemilihan Prioritas Vendor Trucking.” Competitive 15(1). doi: 10.36618/competitive.v15i1.660.

Hayati, Enty Nur. 2014. “Supply Chain Management (SCM) Dan Logistic Management.” Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.

Israwati Jambiani, Edi Supardi. 2018. “Analisis Pemilihan Vendor Pada Department Procurement Di PT Nusantara Turbin Dan Propulsi Dengan

Metode Standardized Unitless Rating (SUR).” Jurnal Logistik Bisnis 9(1).

Sutedi, Adrian. 2014. Aspek Hukum Pengadaan Barang Dan Jasa Dan Berbagai Permasalahannya.

Wihandono, Basuki Edi. 2004. “Transparansi Lelang Proyek Sebagai Sarana Menuju Good Governance.”

Wijaya, Y. V. 2018. “Penilaian Dalam Pemilihan Jurusan Teknik Industri Di Perguruan Tinggi Swasta Bagi Siswa/i SMA Di Kota Surabaya Dengan Menggunakan Metode Topsis.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-07

Terbitan

Bagian

Artikel