Aplikasi Metode Six Sigma Pada Pengendalian Kualitas Produk Vaksin Td Di PT. Biofarma

Penulis

  • Sukron Gunawan Universitas Sangga Buana
  • Djoko Pitoyo Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.2.2.1220

Kata Kunci:

Six Sigma, vaksin, DMAIC, rubber stopper

Abstrak

Vaksin sangat berguna bagi tubuh sebagai antibodi dari penyakit yang mungkin bisa menyerang dimasa yang akan datang. Vaksin adalah zat biologi yang telah dilemahkan yang berasal dari virus, bakteri atau keduanya. PT. Biofarma merupakan perusahaan yang memproduksi Vaksin Td. Ditemukan beberapa cacat produk pada saat proses produksi yang berpengaruh terhadap kualitas vaksin yang dihasilkan. Gagal pada saat pengisian dan vial pecah, Rubber Stopper tidak terpasang serta Alumunium Caping yang tidak terpasang sempurna adalah jenis-jenis kecacatan produk. Untuk mengatasi kecacatan produk tersebut, maka diadakan penelitian ini agar dapat menemukan penyebab serta solusinya. Pengurangan Faktor penyebab kecacatan, pengurangan biaya operasi dan waktu, serta peningkatan produktivitas dapat dilakukan analisis dan perbaikan dengan metode Six Sigma, yang merupakan metode peningkatan proses. Produk cacat vaksin Td periode Maret-Mei 2018 digunakan sebagai data penelitian dengan menggunakan tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve dan Control). Dari hasil penelitian pada tahap define diketahui bahwa gagal pada saat pengisian dan vial pecah, Rubber Stopper tidak terpasang serta Alumunium Caping yang tidak terpasang sempurna adalah jenis-jenis kecacatan produk. Kemudian pada tahap measure diketahui bahwa Rubber Stopper tidak terpasang serta Alumunium Caping yang tidak terpasang sempurna merupakan jenis produk cacat yang harus diprioritaskan penanganannya. Pada tahap analyze ditemukan bahwa Rubber Stopper tidak terpasang serta Alumunium Caping yang tidak terpasang sempurna menjadi faktor penyebab cacat produk. Dan pada tahap improve diketahui bahwa penggantian dan perawatan suction cap dilakukan secara berkala, serta memastikan kesesuaian ukuran material yang digunakan sesuai standar adalahh usulan yang diperoleh guna mengurangi cacat produk vaksin Td.

Biografi Penulis

Sukron Gunawan, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Elektro

Djoko Pitoyo, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Elektro

Referensi

Narasimhan, K. 2008. “ An Introduction to Six Sigma and Process Improvement20081J.R. Evans and W.M. Lindsay. An Introduction to Six Sigma and Process Improvement . Thomson: South‐Western, 2005. 336 Pp., ISBN: 0‐324‐331199‐0 £34.99 (Paperback) .” The TQM Journal 20(1). doi: 10.1108/09544780810842929.

Pande, Peter S., Robert P. Neuman, and Roland R. Cavanagh. 2007. “The Six Sigma Way.” in Das Summa Summarum des Management.

Tague, Nancy R. 2005. “Fishbone Diagram (Ishikawa) - Cause & Effect Diagram.” The Quality Toolbox

Franchetti, Matthew John. 2015. Lean Six Sigma for Engineers and Managers.

Pitoyo, Djoko, and Aditya Riantiko Akbar. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Dan Metode 5 Step Plan Di Pt. Pikiran Rakyat Bandung.” Jurnal.Usbypkp.Ac.Id 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel