Pengaruh Customer Engagement Terhadap Promosi Pada Official Akun Media Sosial Lovender

Esta Kurniawan, Rodiah Rodiah, Nurwathi Nurwathi

Sari


Pengguna internet di indonesia saat ini didominasi oleh orang-orang yang berusia antara 15 sampai 34 tahun atau yang berkelahiran pada tahun 1981-2000 yang dikenal sebagai generasi milenial. Salah satu contoh dari penggunaan internet tersebut adalah media sosial. Personalisasi di media sosial menjadi salah satu parameter yang berpengaruh besar untuk mendapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi dalam promosi. Guna meraih stabilitas dukungan dan loyalitas audience maka kedekatan dan hubungan harus dijaga dengan baik di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Customer engagement terhadap promosi dan penerapan customer engagement dan promosi di Lovender. Penelitian ini menggunakan metode regesi linier sederhana dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah audience yang memberikan like lebih dari 1000 dalam konten Official Akun Media Sosial Lovender. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 286 menggunakan teknik Slovin. Hasil dari penelitan ini diperoleh tabel persamaan regresi Y = 1.287 + 0.692.X, yang menunjukan nilai Customer Engagement adalah 0.692 diamana skor akan meningkat sebesar 0.692 setiap penambahan nilai pada variabel Customer Engagement. Analisa korelasi variabel Customer Engagement terhadap Promosi yaitu 55% dan mempunyai pengaruh dengan nilai signifikan 0.000. Dari hasil penelitian ini diharapkan promosi Lovender lebih ditingkatkan kembali dengan senantiasa terus konsisten memberikan konten-konten positif dan meningkatkan hubungan antara Londer dan audience.


Kata Kunci


Customer Engagement; Promosi; Media Sosial; Analisa Regresi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Hasanuddin, and Lilik Purwandi. 2017. The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behavior.

APJII. 2018. “Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Brodie, Roderick J., Ana Ilic, Biljana Juric, and Linda Hollebeek. 2013. “Consumer Engagement in a Virtual Brand Community: An Exploratory Analysis.” Journal of Business Research 66(1). doi: 10.1016/j.jbusres.2011.07.029.

Kaplan, Andreas M., and Michael Haenlein. 2010. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.” Business Horizons 53(1). doi: 10.1016/j.bushor.2009.09.003.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1.

Rangkuti, F. n.d. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.32897/retims.2021.2.2.1223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.