Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik USB YPKP dengan Pendekatan Lean Six Sigma

Penulis

  • Vina Dinnia Universitas Sangga Buana
  • Inayati Nasrudin Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.2.2.1225

Kata Kunci:

Kualitas jasa, Kepuasan mahasiswa, Dimensi Pelayanan, Gap (Kesenjangan), Lean Six Sigma, Diagram Sebab-Akibat

Abstrak

Pelayanan jasa merupakan suatu hal yang diharapkan mahasiswa guna memenuhi kepentingannya. Tingkat kepuasan mahasiswa dapat diukur dari seberapa lengkapnya kualitas pelayanan jasa yang diberikan. Pengajuan kuesioner kepada sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana YPKP Bandung merupakan sebuah teknik pengumpulan data untuk mengetahui apakah pelayanan jasa yang disediakan oleh Fakultas Teknik USB YPKP sudah dapat memenuhi harapan para mahasiswanya. Metode ServQual-Lean Six Sigma digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Fakultas Teknik USB YPKP dalam hal pelayanan dengan cara mengukur kesenjangan (Gap) yang ditempatkan dalam dimensi pelayanan yang terjadi antara kepentingan mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini yang diperoleh dari dimensi pelayanan Bentuk fisik, Jaminan, Empati, Daya tanggap dan Kehandalan bahwa terdapat beberapa indikator yang harus dilakukan perbaikan dengan bantuan diagram Sebab-Akibat yakni : kelengkapan fasilitas laboratorium dan pendukungnya, keberadaan jurnal perpustakaan dan sistem pencarian buku perlu difasilitasi, serta petugas administrasi memiliki pelayanan yang cepat tanggap terhadap keluhan mahasiswa.

Biografi Penulis

Vina Dinnia, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Inayati Nasrudin, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Referensi

Alfiani, Arifah. 2016. “KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI SUBBAG PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.” IOSR Journal of Economics and Finance 3(1).

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima.

Gaspersz, Vincent 2002. 2002. “Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO 9001: 2000, MBNQA, Dan HACCP.” PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

George, Michael L. 2003. Lean Six Sigma in the Service.

Siburian, Paningkat. 2010. “Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Manajemen Yang Berorientasi Mutu.” Generasi Kampus 3(1).

Sukanti, Sukanti. 2009. “ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNY.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(1). doi: 10.21831/jpai.v8i1.942.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius. Chandra. 2011. “Service, Quality & Satisfaction.” Edisi 4.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel