Perancangan Alat Perajang Singkong Otomatis Dan Manual

Penulis

  • Muhamad Iqbal Universitas Sangga Buana
  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.2.2.1498

Kata Kunci:

Alat Perajang Singkong, Alat Perajang Otomatis, Alat Perajang Manual, Singkong

Abstrak

Alat perajang singkong merupakan alat yang berfungsi untuk mengiris singkong yang awalnya berbentuk bulat lonjong, kemudian diisi sehingga berbentuk berbentuk lempengan yang tipis, kemudian siap digoreng untuk dijadikan keripik. Alat perajang singkong dibuat untuk memudahkan dan mempersingkat proses pengirisan, meningkatkan kualitas pengirisan, serta untuk memperoleh ukuran ketebalan dan bentuk irisan yang mirip. Proses kerja mesin ini yaitu dengan memasukan singkong yang telah dikupas ke dalam saluran pengumpan, maka singkong akan teriris secara otomatis oleh mata pisau pemotong, kemudian singkong yang telah diiris akan berputar dan tertampung ke penampungan di bawah piringan pisau pemotong. Pisau pemotong dapat diputar dengan dua cara, yaitu putaran motor (otomatis) dan putaran pedal (manual).  Apabila digunakan putaran otomatis, maka putaran puli motor diteruskan ke puli perajang oleh sebuah sabuk, kemudian putaran puli perajang diteruskan ke piringan pisau pemotong oleh sebuah poros. Sedangkan jika digunakan putaran pedal (manual), maka putaran gear besar diteruskan ke gear kecil perajang oleh rantai, kemudian putaran gear kecil diteruskan ke piringan pisau pemotong oleh sebuah poros. Maka pisau pemotong akan berputar dan terjadi perajangan. Motor penggerak yang digunakan adalah motor listrik dengan daya 0.5 HP atau 0.37285 kW atau 372.85 Watt.

Biografi Penulis

Muhamad Iqbal, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Mesin

Nurwathi Nurwathi, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Referensi

Budiyanto. 2013. “Perancangan Mesin Perajang Singkong.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).

Effendi, Yafid, and Agus Danang Setiawan. 2017. “RANCANG BANGUN MESIN PERAJANG SINGKONG INDUSTRI RUMAHAN BERDAYA RENDAH.” Jurnal Teknik 6(1). doi: 10.31000/jt.v6i1.324.

VAN HARLING, VINA N., and Herryanto Apasi. 2018. “PERANCANGAN POROS DAN BEARING PADA MESIN PERAJANG SINGKONG.” SOSCIED 1(2). doi: 10.32531/jsoscied.v1i2.164.

Nurrohkayati, Anis Siti, Noer Aden Bahry, and Muhammad Khairul. 2020. “Desain Mesin Perajang Singkong Menggunakan Cakram 4 Mata Pisau Dengan Penggerak Motor Listrik Guna Meningkatkan Produktivitas Produsen Keripik Singkong.” Prosiding Seminar Nasional Teknoka 5. doi: 10.22236/teknoka.v5i.370.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel