Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal Lokawisata Lereng Anteng Bandung

Penulis

  • Siti Lum'ah Karimah Universitas Sangga Buana Bandung
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2023.4.2.1689

Kata Kunci:

faktor internal-eksternal, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, manajemen strategi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya usaha yang sejenis serta jarak yang sangat berdekatan dengan Lokawisata Lereng Anteng Bandung. Hal tersebut membuat pemasukan yang diperoleh Lereng Anteng tidak stabil bahkan sampai terjadi penuruan. Matriks IFE dan EFE dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal sehingga dapat diketahui faktor strategis apa saja yang mempengaruhi kinerja Lereng Anteng untuk  dapat mengatasi permasalahan yang ada. Adapun pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner sederhana dimana narasumber merupakan jajaran top manajemen Lereng Anteng yang telah memahami objek penelitian. Informasi yang dapat diperoleh berdasarkan hasil penelitian ialah konidisi internal Lereng Anteng yang baik dengan nilai total skor pada matriks IFE sebesar 3,18  artinya Lereng Anteng berhasil dalam mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. Sedangkan kondisi eksternal Lereng Anteng kurang menguntungkan dengan perolehan nilai total skor pada matirks EFE sebesar 1,98 itu artinya Lereng Anteng belum berhasil mengatasi ancaman dengan memanfaatkan peluang yang dimilikinya. Adapun hasil dari Matriks IE menyatakan bahwa Lokawsiata Lereng Anteng berada pada kuadran VII dan masuk kedalam bagian kedua yaitu Hold & Maintain atau Mempertahankan & Menjaga. Artinya strategi terobosan atau penetrasi pasar dan pengembangan produk akan menjadi strategi yang baik digunakan oleh Lokawisata Lereng Anteng.

Referensi

Bangun, F. B. R., Studi, P., Administrasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Utara, U. S. (2021). Analisis Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Pada Usaha Warung Wajik Peceren H . Ngadimin ). Universitas Sumatera Utara.

Bujung, A. L., Sagay, B., & Katiandahgo, T. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. 1(April), 1–12.

Daft, R. L. (2010). The Executive and the Elephant: A Leader’s Guide for Building Inner Excellence. John Wiley & Sons. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=koSzDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=Daft+(2010)&ots=9Qxey3aC17&sig=vhizFs7BjAvCLpnxHlQ-V6zFtnQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Daft (2010)&f=false

Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169

Luthfiyah, A., Djamhur, F., Melinda, R., Rasyid, Y., & Putri, A. M. (2021). Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Manajemen Strategi Pada UMKM (Studi Usaha Jahit Pani di Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3033–3041.

Nahdalaily Fathara, R., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Strategi Model Bisnis UMKM Kuliner untuk Bertahan di Era COVID-19. Bahtera Inovasi, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/bi.v4i2.3434

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Ongkorahardjo, E. P. (2015). Formulasi Strategi Usaha Makanan Ringan. Agora, 3(2), 665–674.

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas – Efas Pada Cv. Dinasty. Seminar Nasional IENACO, 238–245.

Umar, H. (2002). Strategic Management in Action. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-28

Terbitan

Bagian

Artikel