Tinjauan Ergonomi Display Rambu Lalu Lintas di Jalan Tol Padaleunyi Menggunakan Metode Ergonomic Checklist dan Cooper Harper Rating Scale

Penulis

  • Bias Pratista Lembayung Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana
  • Ade Geovania Azwar Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2022.4.1.1747

Kata Kunci:

Display, Rambu Lalu Lintas, Jalan Tol Padaleunyi, Ergonomic Checklist, Cooper Harper

Abstrak

Kecelakaan Lalu Lintas masih terjadi pada ruas jalan di Indonesia termasuk Jalan Tol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa ergonomis Display yang ada di Jalan Tol Padaleunyi dan memberikan rekomendasi atas tinjauan ergonomi yang dilakukan. Terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu dengan metode statistik uji Anova untuk mengetahui adanya perbedaan keergonomisan antara kondisi siang dan malam. Metode Ergonomic Checklist untuk mengetahui perbandingan kedua kondisi. Kuesioner pemahaman Display untuk mengetahui pemahaman responden dari masing-masing Display. Serta Cooper Harper Rating Scale untuk memberikan Rekomendasi terhadap Display yang sudah ada, dengan total responden sebanyak 32 orang meliputi Sopir kendaraan Pribadi, Sopir Truk, dan Sopir Travel. Hasil penelitian menunjukan, tingkat Ergonomis Display Rambu Lalu Lintas kondisi siang hari dan malam hari memiliki perbedaan yang signifikan. Perbandingan skor kondisi siang sebesar 3,48 sedangkan kondisi malam yaitu sebesar 3,17 artinya Display pada kondisi siang lebih ergonomis dari kondisi malam. Pada pemahaman Display didapatkan 4 hasil Display yang perlu diperbaiki, diantaranya ialah Display larangan berjalan terus sebelum membayar tarif Tol, Display Informasi data kecelakaan lalu lintas di jalan Tol tersebut. Display informasi tarif harga dari masing-masing tujuan, dan Display informasi adanya rest area.  Metode Cooper Harper Rating Scale menunjukan masalah yang terjadi saat Interpretasi Display dan analisis Informasi dari setiap kelompok Sopir. Maka diberikan rekomendasi atas tinjauan yang sudah dilakukan adalah memperbaiki Display yang kurang dipahami, kurang terlihat, dan kurang terbaca. Kemudian memberikan Display yang mudah dipahami bagi pengguna baru jalan agar mudah dipahami maksud dari Display.

 

Referensi

Berita Kompas. (n.d.). https://doi.org/10.24912/jmts.v2i2.4289

Calvin, T., & Mustikasari, A. (2015). EVALUASI ERGONOMI MENGGUNAKAN ERGONOMI CHECKLIST ( STUDI KASUS DEPARTEMEN SUPPLY PT INDOCEMENT ). Industrial Enggineering Online Journal, 1–5.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20 (Enam). Universitas Diponegoro.

Grandjean, E. (1993). E. Grandjean, Fitting the Task to The Man . 4th edition. London : Taylor & Francis, 1993 (4th ed.). Taylor & Francis.

Hutabarat, J. (2010). Usulan Rancangan Rambu-Rambu Lalu Lintas Jalan Raya Yang Ergonomis Ditinjau Dari Aspek Display Sehingga Memberi Kenyamanan Bagi Pengguna Jalan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XI Program Studi MMT-ITS.

ILO. (n.d.). Ergonomic Checkpoints Practical and Easy to Implement Solutions for Improving Safety, Health, and Working Conditions. International Labour Office.

KNKT. (2021). Rekomendasi pada kecelakaan LLAJ (KNKT, 2021).

Rezha Nur Amalia, R. S. D. E. A. (2022). Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Dan Perilaku Swamedikasi. J.Research in Pharmacy, 1(2), 9–15.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (F. Utari (Ed.); 2nd ed.). Remaja Rosdakarya.

Sutalaksana, I., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-22

Terbitan

Bagian

Artikel