Perumusan Strategi Pemasaran pada UMKM Makanan Khas Wajit Cililin Hani Handayani

Penulis

  • Djoko Pitoyo Prodi Teknik Industri, Universitas Sangga Buana Bandung
  • Muhammad Fadhil Hibatullah Prodi Teknik Industri, Universitas Sangga Buana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.3.1.1748

Kata Kunci:

Analisis SWOT, Matriks IFE dan EFE, Matriks IE, Matriks TOWS, Matriks QSPM

Abstrak

UMKM wajit Cililin Ibu Hani Handayani memproduksi wajit bervarian rasa  diantaranya ketan hitam, pandan, nangka, coklat, wajit dodol kacang merah. Dilakukan analisis perencanaan strategi untuk mencari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan. Dalam penelitian ini menggunakan metode analis SWOT, analisis SWOT, matriks IFE dan EFE, , matriks IE, matriks TOWS, matriks QSPM. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, UMKM wajit Cililin Ibu Hani Handayani saat ini membutuhkan alternatif strategi pengembangan produk atau jasa. Hal ini dikarenakan bahwa nilai total acttractive score (TAS) lebih tinggi diantara alternatif lainnya yaitu 6,68. Pengembangan produk atau jasa dilakukan dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk olahan wajit Cililin usaha Ibu Hani Handayani dipasar dengan mengembangkan produk wajit yang lama maupun yang baru serta menggunakan teknologi canggih dalam memproduksi wajit

Referensi

Bakhtani, Divesh Gope. 2021. “Rencana Bisnis Pendirian Usaha Café Pure Coffee Di Kelapa Gading.” Institutional Repository 1.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis. 7th ed. Jakarta: Pt Intan Sejati Klaten.

David, Fred R. 2011. Starategic Management Concept And Cases. 13th ed.

Kara, Muslimin. 2013. “Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Makasar.” Ilmu Syari’ah san Hukum 47(1).

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran Analisis, Pemasaran, Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol.

Nyimas Ekinavita Putri, Retno Astuti, and Shyntia Atica Putri. 2014. “Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang).” Journal Industri 3: 93–106.

Rangkuti.F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. 13th ed. ed. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan OCAI.

Wahkyuni, Emi, Nasrudin Setiawan, Nurafina Siregar, and Abdi Setiawan. 2021. “Mendorong Perubahan Mindset Dan Motivasi Pelaku Umkm Selama Masa Pandemi Di Wilayah Kota Padangsdimpuan.” Pengabdian Pada Masyarakat 1(1): 123–28.

Wijaya, Rangga Wisnu. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Wajit (Studi Kasus Pada Sentra Industri Wajit Di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat).”

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-07

Terbitan

Bagian

Artikel