Hubungan & Pengaruh Antara Review Product Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di E-Commerce Shopee

Penulis

  • Fikri Nur Aziz Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2022.3.2.1750

Kata Kunci:

Review Product, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Sederhana

Abstrak

Kesempurnaan diri merupakan faktor yang cukup penting dalam menompang penampilan salah satunya dengan menggunakan skincare. Banyak konsumen yang membeli suatu produk menggunakan e-commerce salah satunya pembelian produk skincare. Maka dirasa penting untuk mengetahui review product sebelum konsumen membeli. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Review Product terhadap keputusan pembelian produk skincare di e-commerce shopee di wilayah kelurahan sarijadi menggunakan metode Analisis Regresi Sederhana dengan mengambil 245 responden dari populasi berjumlah 1.972 jiwa sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisa data menunjukan arah positif, maka terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Review Product terhadap  keputusan pembelian. Derajat kedekatan, suatu relasi yang terjadi antara variabel diperoleh nilai sebesar r= 0,691. Nilai ini menunjukan hubungan yang kuat antara Review Product(X) dan Keputusan Pembelian(Y).

Referensi

Ahmad. (2021). Pengertian E-Commerce: Jenis, Contoh, Dan Manfaat. Gramedia.Com. Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/E-Commerce/

Ansari. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Eliska Sri Putri Ningsih. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id, 2, 1–13. Https://Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id/

Latief, F., & Ayustira, N. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. Https://Journal.Stieamkop.Ac.Id/Index.Php/Mirai

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V7i1.1528

Nur Hidayah Perwitasari. (2021). Mengenal Arti Skincare Dan Tahapan Merawat Kulit. Tirto.Id. Https://Tirto.Id/Mengenal-Arti-Skincare-Dan-Tahapan-Merawat-Kulit-Eima

Pura, D. N., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. 1(1), 20–23.

Sinaga, R. P. Y. B., & Hutapea, J. Y. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Review Product Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah Pada Mahasiswa Unai. 3(8), 12–25. Https://Www.Jurnalintelektiva.Com/Index.Php/Jurnal/Article/View/730

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.

Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. Https://Doi.Org/10.53978/Jd.V5i1.45

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-13

Terbitan

Bagian

Artikel