Strategi Pemasaran Pabrik Tahu Pak Hasan Dimasa Covid-19

Penulis

  • Andreas Andreas Universitas Sangga Buana
  • Inayati Nasrudin Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2022.3.2.1755

Kata Kunci:

matriks QSPM, Penentuan Strategi pemasaran

Abstrak

(Usaha Mikro Kecil Menengah ) UMKM Pabrik Tahu Pak Hasan merupakan salah satu jenis industri yang bergerak dibidang pengolahan pangan dari bahan baku kedelai. Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan penurunan omset pada UMKM Pabrik Tahu Pak Hasan. Tujuan meneliti Pabrik tahu Pak Hasan adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran karena Mengingat  pengembangan strategi pemasaran yang dilakukan pada suatu UMKM ini bukan hanya saja berdampak terhadap omset melainkan juga harus mampu dalam mempertahankan usaha di saat posisi keadaan pandemi Covid-19. Pada data penelitian terdapat data primer dan data sekunder serta alat analisis yang digunakan dalam metode Internal Factor Evaluation (IFE), matrik External Factor Evaluation (EFE), matrik Internal – External (IE), matrik SWOT (strength, weakness, oppotunity, threat), QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil analisis SWOT terdapat alternatif yang didapat yaitu mengembangkan pemasaran melalui peluang bantuan reseller (O2), promosi inovasi produk tahu(O4), penambahan karyawan (O2), mempertahankan kualitas produk S2, menjadikan badan usaha pabrik CV (W1). Setelah didapat alternatif strategi maka dilakukannya pengambilan keputusan strategi yang menjadi prioritas dengan matriks QSPM dan hasilnya terpilih yaitu mempromosikan inovasi produk lewat teknologi dan penambahannya karyawan dengan nilai skor (TAS) sebesar 7,0

Biografi Penulis

Andreas Andreas, Universitas Sangga Buana

mahasiswa teknik industri

Inayati Nasrudin, Universitas Sangga Buana

Teknik industri

Referensi

Dr.Jim Hoy Yam, SE., M. (2020). Manajemen Strategi Konsep & Implentasi (2nd Ed.). Cv.Nas Media Pustaka.

F.R.David. (2006). Strategi Manajemen (10th Ed.). Penertib Salemba 4.

Fitriani, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan Tahu Pada Perajin Tahu Bandung Di Kecamatan Jampang Tengah Sukabumi (Studi Kasus Pada CV. Lusia Abadi).

H.Rewoldt, P. Stewart., D.Scott, P. Jame., & R.Warshaw, P. M. (1991). Perencanaan Dan Strategi Pemasaran. Rineka Cipta.

Malik, N., & Wahyudi S, M. S. (2013). Peran Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Peningkatan Keunggulan Kompetitif Sektor UKM. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, 53(9), 1689–1699.

Mardiyah, R. A., & Nurwati, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Angka Pengangguran Di Indonesia. Harian Spektrum, 2, 1–11. Https://Spektrumonline.Com/2020/11/11/Dampak-Pandemi-Covid-19-Multidimensi/

Rienaya, C., Najamuddin, M., & Mahbubi, A. (2019). Strategi Bisnis Kopi Merek Coffesso Pt David Roy Indonesia. Agribusiness Journal, 11(1), 77–80. Https://Doi.Org/10.15408/Aj.V11i1.11835

Saifuddin, M., & Madinah, S. H. (2022). Analisis Perumusan Dan Pilihan Strategi Bisnis Pada Butik Saffana Surabaya. Iqtishoduna, 18(1), 63–80. Https://Doi.Org/10.18860/Iq.V18i1.13042

Sekaran, Holliday, C. O. J., Schmidheiny, S., Watts, P., Schmidheiny, S., Watts, P., Montgomery, H., Pmi, University Of Pretoria, Gentry, R. R., Lester, S. E., Kappel, C. V., White, C., Bell, T. W., Stevens, J., Gaines, S. D., Zavadskas, E. K., Cavallaro, F., Podvezko, V., … Branch, B. (2018). Perencanaan Strategi Alternatif Menggunakan Analisis Metode Swot,Matriks BCG & QSPM Unntuk Meningkatkan Penjualan Produk Pakaian Muslimah Kardigan Pada CV.Multiguna Safirah Collection. Pakistan Research Journal Of Management Sciences, 7(5), 1–2. Http://Content.Ebscohost.Com/Contentserver.Asp?Ebscocontent=Dgjymnle80sep7q4y9f3olcmr1gep7jssky4sa6wxwxs&Contentcustomer=Dgjympgptk%2b3rljnuepfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=Buh&K=134748798%0Ahttp://Amg.Um.Dk/~/Media/Amg/Documents/Policies And Strategies/S

Sujarweni. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-13

Terbitan

Bagian

Artikel