Analisis Swot untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada CV.Iman Nurcahaya

Penulis

  • Alberto Piter Zamb Wakerkwa Universitas Sangga Buana YPKP
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2022.3.2.1762

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IFAS dan EFAS.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan dan juga untuk mengetahui posisi perusahaan dalam strategi pemasarannya serta meningkatkan volume penjualan pada CV.Iman Nurcahaya terhadap persaingan pasar. Analisis SWOT adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan beberapa tahapan yakni pendefinisain masalah, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari matriks SWOT memperlihatkan bahwa dari beberapa faktor internal IFAS dan faktor eksternal EFAS bahwa CV.Iman Nurcahaya memiliki kekuatan yang cukur besar dengan skor 1,75. Akan tetapi CV.Iman Nurcahaya mempunyai ancaman dengan skor 1,35 yang nilai nya mendekati skor kekuatan. Kondisi perusahaan berada pada strategi S-T (Strength-Threats) yaitu perusahaan memiliki kekuatan akan tetapi juga memiliki ancaman perusahaan kedepannya yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan sendiri. alternatif strategi yaitu dengan menggunakan strategi diversifikasi dengan memanfaatkan tenaga kerja ahli agar bisa membuat produk yang bisa menekan harga bahan baku dengan tidak mengurangi kualitas dari produk itu sendiri.

Referensi

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Philip Kotler-Principles of Marketing. New Jersey, USA: Prentice Hall Inc.

Marimin, M. S. (n.d.). Prof., Dr., Ir (2004). Teknik Dan Aplikasi Pengambil Keputusan Kriteria Majemuk.

Muhammad, S. (2004). Manajemen Strategik.

Pardede, P. M. (2011). Manajemen strategik dan kebijakan perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Prastiwi, S. (2016). Manajemen Strategi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Dalm Mengembangkan Potensi Objek Wisata Edukasi Little Teksas Wonocolo. Publika, 4(11).

Purnomo, S. H. (2007). Zulkieflimansyah. Manajemen Strategi.

Rahayu, D. T., & Retnani, E. D. (2016). Penerapan analisis SWOT dalam perumusan strategi bersaing pada Eddy Jaya Photo. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).

Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsm. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. (2010). Desain penelitian manajemen strategik. Jakarta: Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-13

Terbitan

Bagian

Artikel