Penggunaan Metode Work Sampling untuk Menganalisis Produktivitas Tenaga Kerja Operator Sewing di CV ABC

Penulis

  • Nurul Ulfa Septiani Universitas Sangga Buana
  • Sofiani Nalwin Nurbani Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2022.3.2.1773

Kata Kunci:

Produktivitas, Operator Sewing, Work Sampling,

Abstrak

Proses penjahitan (sewing) merupakan bagian inti dari proses produksi pembuatan pakaian jadi, sehingga tenaga kerja departemen sewing di CV ABC lebih banyak daripada tenaga kerja pada departemen bagian proses produksi lainnya. Mengetahui gambaran nyata masalah utama yang sedang terjadi di CV ABC yaitu tidak tercapainya target produksi sehingga terjadi keterlambatan pengiriman produk jadi kepada buyer dari waktu yang sudah ditentukan. Sebab dari permasalahan ini karena perusahaan harus memaksimalkan tenaga kerja operator bagian sewing yang mayoritas tidak ahli (no skill). Mengetahui permasalahan yang terjadi di CV ABC, maka dilakukan penelitian analisis produktivitas dengan menggunakan metode work sampling untuk mengetahui nilai persentase produktivitas dan pengukuran waktu kerja pada tenaga kerja operator sewing. Berdasarkan hasil penelitian di CV ABC ditemukan elemen pekerjaan produktif yang dilakukan oleh operator sewing yaitu menjahit, melipat, menggunting, menandai, mengambil bahan dan menyimpan bahan. Sedangkan elemen pekerjaan tidak produktif yaitu makan, minum, mengobrol, ke toilet, menggunakan handphone, berjalan, istirahat, memasang benang, mendedel, meminta arahan dan menunggu. Nilai persentase tertinggi diperoleh operator sewing A3 dengan nilai persentase 82% yang memiliki tugas kerja bagian proses jahit pasang daun ke kaki kerah, sedangkan persentase produktivitas terendah diperoleh operator sewing C1 dengan nilai persentase 63% yang memiliki tugas kerja bagian proses jahit klim tangan. Motivasi dan kesungguhan kerja operator sewing di CV ABC belum cukup baik karena banyak melakukan kegiatan tidak produktif yang seharusnya bisa dihindarkan, sehingga perusahaan perlu mengadakan pembinaan pelatihan kerja dan pengembangan sikap kerja untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja operator bagian sewing.

Referensi

Afiani, R., & Pujotomo, D. (2017). Penentuan Waktu Baku Dengan Metode Stopwatch Time Study Studi Kasus Cv . Mans Group. Jurusan Teknik Industri, 6(3), 30.

Diniaty, D., & Febriadi, R. (2015). Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Work Sampling. Jurnal Teknik Industri Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya IlmiahDalam Bidang Teknik Industri, 1(2), 60–69.

Maiti, & Bidinger. (1981). Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Di Provinsi Sulawesi Utara Ratih. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nasron, & Astuti, T. B. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT Mazuvo Indo). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, 1(1), 1–23. file:///D:/PROPOSAL B/nasron.pdf%0D%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/103261-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-produkti.pdf

Prayuda, Sukma Bagas, S. T. (2020). Analisis Pengukuran Kerja Dalam Menentukan Waktu Baku Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Produksi Kerudung Menggunakan Metode Time Study Pada Ukm Lisna Collection Di Tasikmalaya. Jurnal Mahasiswa Industri Galuh, 1(1), 120–126.

Purbasari, A. (2020). Pengukuran Waktu Baku Pada Proses Pemasangan Ic Program Menggunakan Metode Jam Henti. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 8(2), 116–128. https://doi.org/10.33373/profis.v8i2.2805

Ramadhan, R., Tama, I. P., Ph, D., & Yanuar, R. (2014). Analisa Beban Kerja Dengan Menggunakan Work Sampling Dan Nasa – TLX Untuk Menentukan Jumlah Operator ( Studi Kasus : PT XYZ ) Analysis Of Workload With Work Sampling And Nasa - TLX To Determine The Number Of Operators ( Case Study : PT XYZ ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(5), 964–973.

Sanria, P., & Hilman, M. (2022). Analisis Beban Kerja Pegawai Dengan Menggunakan Metode Work Sampling Untuk Menentukan Jumlah Pegawai Yang Optimal (Studi Kasus : Studio Foto Gmd Langensari). Jurnal Media Teknologi, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i1.2643

Solihah, S., Nurbani, S. N., Pitoyo, D., & Munandar, A. (2017). Penerapan Metode Six Sigma Dengan Pendekatan Metode Taguchi Untuk Menurunkan Produk Cacat Pada Indsutri Hilir Teh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Seminar Nasional Teknik Industri, 65–75.

Sutiko, A., Suprapto, H., & Zainuddin, D. (2021). Analisis Produktivitas dan Beban Kerja Operator Produksi dengan Metode Work Sampling dan NASA-TLX di PT. Tokai Dharma Indonesia Plant II. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 3(2), 49. https://doi.org/10.30998/joti.v3i2.10026

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-13

Terbitan

Bagian

Artikel