Analisis Lean Manufacturing menggunakan Wam dan Valsat untuk Mengurangi Waste Proses Produksi Teh dalam Kemasan 300 Ml di PT. XYZ

M Abdul Mu'min, Sofiani Nalwin Nurbani

Sari


PT. XYZ adalah perusahaan yang bisnis utamanya sebagai produsen minuman terkemuka di Indonesia. Produk yang dihasilkan PT. XYZ salah satunya yaitu teh dalam kemasan 300 ml. Demi memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan ini selalu berusaha mengefektifkan proses produksi agar tepat waktu. Namun pada kenyataannya masih terdapat permasalahan dengan berbagai manifestasi pemborosan yang menyebabkan berkurangnya efisiensi dan efektivitas  proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk meminimumkan waste pada lantai produksi dengan perancangan lean manufacturing. Oleh karena itu dilakukan identifikasi pemborosan dan analisis penyebab pemborosan untuk meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Untuk menyelesaikan permasalahan terkait indikator pemborosan tersebut, metode yang dapat digunakan adalah VSM (Value  Stream Mapping ), WAM (Waste Assessment Model) dan VALSAT (Value Stream Analysis Tool). Adapun hasil dari identifikasi waste yang paling dominan, yaitu defect sebesar 32,54%,  motion sebesar 13,77% dan waste  waiting sebesar 13,50%. Rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan adalah pelaksanaan program pelatihan untuk  meningkatkan keterampilan operator, memperketat pengawasan terhadap kinerja operator, membuat kebijakan 2 mesin satu operator dan 2 worker, membuat penyimpanan bahan baku khusus setiap material, memperbaiki inventory part mesin., meningkatkan preventive maintenance, melakukan perencanaan ulang tataletak fasilitas terhadap beberapa tempat, dan memperluas gudang barang jadi.

Kata Kunci


Lean manufacturing, VSM, WAM, VALSAT, 5W1H

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanda, M., & Batubara, S. (2018). Perbaikan Proses Produksi Produk Paper Pallet Berdasarkan Analisis Waste Assessment Model dan Value Stream Analysis Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing pada PT. Kaloka Binangun. Jurnal Teknik Industri, 8(1), 15–25.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma For Manufacturing Strategi Dramatik Reduksi Cacat/Kesalahan, Biaya, Inventori, dan Lead Time Dalam Waktu Kurang Dari 6 Bulan. Gramedia Pustaka Utama.

Hines, P., & Rich, N. (1997). The seven value stream mapping tools. In International Journal of Operations and Production Management (Vol. 17, Issue 1, pp. 46–64). https://doi.org/10.1108/01443579710157989

Kartini, M. S. (2018). Perancangan Lean Manufacturing Menggunakan WAM, VALSAT dan Simulasi di PT. Waskita Beton Precast TBK Plant Subang. Skripsi Teknik Industri, 64.

Pratiwi, Y., Djanggu, N. H., & Anggela, P. (2020). PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) PADA PT. X. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 8–15.

Ramadhani, W. (2021). Analisis Lean Manufacturing dengan Menggunakan Metode Value Steam Mapping (VSM) Untuk Meminimalisir Waste Pada CV. Karya Cipta Lestari. Skripsi Teknik Industri, 1–5.

Sanders, A., Elangeswaran, C., & Wulfsberg, J. (2016). Industry 4.0 implies lean manufacturing: Research activities in industry 4.0 function as enablers for lean manufacturing. Journal of Industrial Engineering and Management, 9(3), 811–833.

Saputra, M. A. (2021). Analisa Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Waste pada Sistem Produksi di UMKM Sambal Acik. Skripsi Prodi Teknik Industri, 1–72.

Satria, T. (2018). Perancangan Lean Manufacturing dengan Menggunakan Waste Assessment Model (WAM) dan VALSAT untuk Meminimumkan Waste (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(1), 55.

Widyahening, C. E. T. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone 75 Diagram. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11–19.




DOI: https://doi.org/10.32897/retims.2022.4.1.1801

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.