Perancangan Alat Perajang Singkong Kapasitas 50 Kg/Jam

Penulis

  • Dangki Saepurohman Universitas Sangga Buana
  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2021.3.1.1805

Kata Kunci:

Umbi Singkong, Kapasitas, Mesin Perajang

Abstrak

Mesin perajang singkong merupakan alat yang berfungsi untuk merajang aneka umbi mulai dari yang berbentuk lonjong menjadi lempengan yang tipis dan siap untuk di jadikan bahan kripik atau sop. Perancangan mesin ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat proses perajangan, sehingga memperoleh ketebalan yang sama, dan meningkatkan kualitas perajangan. perajangan yang dilakukan menggunakan alat tradisional, akan membutuhkan waktu yang cukup lama, disamping itu proses kerjanya membahayakan. Dengan adanya alat perajang singkong ini, maka pengerjaan perajangan menjadi semakin lebih cepat dan aman. Konsep perancangan alat perajang singkong ini memiliki ukuran 50 x 50 x 80 cm yang memiliki kapasitas 50 kg/jam menggunakan daya sebesar 1⁄2 HP yang memiliki putaran 1400 Hp, memakai v-belt type A no. 79 inch, menggunakan puli penggerak sebesar 75 mm puli yang digerakan sebesar 400 mm, memiliki 3 pisau pada piringan dan memiliki 2 transmisi manual dan otomatis. Poros akan berputar dengan bantuan motor listrik dimana transmisi terjadi melalui puli dan sabuk V-belt.

Biografi Penulis

Dangki Saepurohman, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Mesin

Nurwathi Nurwathi, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Industri

Referensi

Iqbal, Muhammad. 2021. “Perancangan Alat Perajang Singkong Otomatis Dan Manual.” Perancangan Alat Perajang Singkong Otomatis Dan Manual Jurnal ReTiMs 2(2):34.

Ir. Sularso, MSME. Kiyokatsu Suga. 1997. “Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin Dasar.” Diterbitkan Pradnya Paramita, Jakarta Pusat.

M.Eng., JOSEPH E. SHIGLEY LARRY D. MICHHELL. Gandhi Harahap. 1983. Perancangan Teknik Mesin Edisi Ke Empat Jilid 2. Penerbit Erlangga. Produksi. Jakarta 13740.

Sugianto. 2002. “Mesin Perajang Umbi Singkong Serbaguna.” Universita.

Taryat, and Nurwathi. 2021. “Perancangan Mesin Perajang Singkong Yang Ergonomis Menggunakan Data Antropometri.” Jurnal ReTiM 2(1):27–32.

Tonton, O. 2010. “Mesin Pengiris Singkong.” Universita.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-07

Terbitan

Bagian

Artikel