Perancangan Mesin Pengering Padi dengan Sistem Rotary

Penulis

  • Dede Nurdin Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Agus Solehudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2023.4.2.1992

Kata Kunci:

Teknologi, System Rotary, Dinamo penggerak listrik, Gearbox

Abstrak

Pada era sekarang teknologi sangat berpengaruh pada pertanian khususnya untuk petani padi, yaitu untuk mempermudah dan mempercepat waktu pengerjaan. Masalah yang sering di hadapi oleh para petani padi yaitu pada saat panen dan sedang mengalami musim penghujan yang mengakibatkan padi tidak kering dan bahkan membusuk sehingga tidak bisa di konsumsi. Dalam mengatasi masalah tersbut mesin pengering padi dengan memakai jenis mesin pengering Rotary merupakan salah satu solusinya. Beberapa di antaranya karena mesin ini akan memudahkan dalam pengerjaan pengering padi dan mempersingkat waktu. Adapun tujuan dan manfaat pengujian ini yaitu untuk membantu mempermudah pengerjaan petani dalam mengolah peroduksi hasil panen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menghimpun semua data yang ada di lapangan, kemudian untuk memperkuat data – data tersebut penulis mencari referensi dari sumber lain dari internet dan buku – buku. Dari hasil pengujian tersebut mesin pengering padi ini mengunakan sistem Rotary dengan memakai motor penggerak listrik dan Gearbox untuk mengatur cepat lambatnya laju putaran dari tenaga dinamo penggerak.

Referensi

Adhim, M. M., Wahyudi, M., Yunansha, D., Maulida, N., & Ayu, I. P. (2005). Spin dry-pad: mesin putar pengering padi berbasis sistem otomasi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas padi ud sumber rejeki. 4–6.

Azly, R. (2017). Menghitung Ratio, Putaran dan Kapasitas. 04 June 2017. https://kumpulan-ilmu-pengetahuan-umum.blogspot.com/2017/06/menghitung-ratio-putaran-gearbox-dan-kapasitas.html

Hasnan, M. (2017). Manfaat Keunggulan Mesin Pengering Padi. Rancang Bangun Sistem Pengering Gabah Dengan Menggunakan Arduino, 72.

Iwan. (2017). Rancang Bangun Mesin Rotary Padi. In Digital Repository Universitas Jember (Issue September 2019).

Manalu, L. P. (2009). Metode Monte Carlo. November, 151–156.

Meylani, S. R., & Lanya, B. (2013). Performance Test of Lab Scale Batch for Rough Rice Drying Using Husk of Rice Fuel. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 2(3), 161–172.

Pembuatan, P. D. A. N., & Transmisi, P. S. (n.d.). Menghitung Rasio dan Kecepatan Roda Gigi.

Rahmad, A. (2017). Rumus Menghitung Putaran Dynamo yang Dihasilkan. Tempat Kita Berbagi Ilmu. https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/2017/08/rumus-menghitung-torsi-kecepatan-dan-daya-motor-listrik-serta-apa-hubungannya.html

Slamet, P. (2019). Perancangan Alat Pengering Gabah Berbasis PLC. El Sains : Jurnal Elektro, 1(1).

https://doi.org/10.30996/elsains.v1i1.1860

Suganda.Mohamad. (2017). Perancangan Poros Drum Pemutar Pada mesin Pengering Padi. In Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun (Vol. 4).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-28

Terbitan

Bagian

Artikel