Pemanfaatan Gas LPG sebagai Bahan Bakar Mesin Pengering Padi

Penulis

  • Harun Nurosyid Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Agus Solehudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2023.4.2.1993

Kata Kunci:

pengering padi, lpg

Abstrak

Pemanfaatan gas lpg sebagai bahan bakar mesin pengering padi, pada era sekarang teknologi sangat berpengaruh pada pertanian khususnya untuk petani padi, yaitu untuk mempermudah dan mempercepat waktu pengerjaan. Masalah yang sering di hadapi oleh para petani padi yaitu pada saat panen dan sedang mengalami musim penghujan yang mengakibatkan padi tidak kering dan bahkan membusuk sehingga tidak bisa di konsumsi. Dalam mengatasi masalah tersbut mesin pengering padi dengan bahan bakar gas lpg 3kg merupakan salah satu solusinya. Beberapa di antaranya karena gas lpg 3kg lebih mudah di temukan di kalangan masyarakat,dan harga yang lebih murah dari bahan bakar minyak. Adapun tujuan dan manfaat pengujian ini yaitu untuk membantu mempermudah pengerjaan petani dalam mengolah peroduksi hasil panen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menghimpun semua data yang ada di lapangan, kemudian untuk memperkuat data – data tersebut penulis mencari referensi dari sumber lain dari internet dan buku – buku. Dari hasil pengujian tersebut mesin pengering padi ini mengunakan bahan bakar gas lpg 3kg dan menggunakan timer swith untuk mengatur waktu pengerjaan dan juga menggunakan termostar untuk mengatur suhu pada saat peroses pengeringan.

Referensi

Ariyanto, N. A. (2019). No Title ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR MESIN PENGERING PADI. News.Ge, Https://News.Ge/Anakliis-Porti-Aris-Qveynis-Momava.

Hamarung, M. A., & Kadang, Y. (2018). Rancang Bangun Prototype Mesin Pengering Padi Berbahan Bakar Sekam Dengan Pengaduk Horizontal. Prosiding Seminar Nasional, 04(1), 16–25.

Manurung, S. M. O. (2019). Pengaruh Temperatur Udara Pipa Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Gas LPG Pada Proses Kecepatan Pengeringan Padi. 55.

Nusyirwan. (2014). KAJIAN PENGERING GABAH DENGAN WADAH PENGERING BERBENTUK SILINDER DANMEKANISME PENGADUK PUTAR. Cara Kerja Mesin Pengering Padi. Https://123dok.Com/Document/Y87eg62z-Kajian-Pengering-Dengan-Pengering-Berbentuk-Silinder-Danmekanisme-Pengaduk.Html

Paembonan, F. Y., Molenaar, R., & Rumambi, D. P. (2020). Analisis Ekonomi Mesin Pengering Padi ( Oryza Sativa L . ) Menggunakan Vertical Dryer Agrindo Tipe Vrd60.

Rezeky, S., Nainggolan, M., & Lanya, B. (2013). UJI KINERJA ALAT PENGERING TIPE BATCH SKALA LAB UNTUK SEKAM PADI [ PERFORMANCE TEST OF LAB SCALE BATCH FOR ROUGH RICE DRYING USING HUSK OF RICE FUEL ]. 2(3), 161–172.

Riski, R. W., Ariyanto, N. A., & Qurohman, M. T. (2019). Analisis Konsumsi Bahan Bakar Mesin Pengering Padi Mandiri. Journal Mechanical Engineering, 8(1), 19–22.

Sari, I., & Novita, D. (2014). Uji Kinerja Alat Pengering Hybrid Tipe Rak Pada Pengeringan Chip Pisang Kepok. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 3(1), 59–68.

Sopyan, M. (2006). TEORI PENGERINGAN PADI. 125–126.

Wikipedia. (2022). Pengertian Padi. Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Padi

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-28

Terbitan

Bagian

Artikel