Pengukuran Kualitas Pelayanan Publik Tera di Unit Pelayanan Teknis Daerah di Metrologi Legal Kabupaten Purwakarta

Penulis

  • Ade Agus Herdiana Universitas Sangga Buana
  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2023.5.1.2421

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan Publik Tera, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Prioritas Perbaikan.

Abstrak

Pelayanan publik yang baik dalam instansi menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan oleh pemerintah untuk memenuhi harapan masyarakat. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal di Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu instansi pemerintahan yang saat ini sedang menghadapi permasalahan meningkatnya jumlah aduan pelayanan sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi performa dan kualitas pelayanan yang diberikan, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui ukuran kualitas pelayanan tera yang nantinya menjadi bahan untuk perbaikan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan yaitu Metode Permenpan RB Nomor 14 tahun 2017diteruskan dengan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat dengan menyeluruh dari tiap-tiap parameter produk layanan dilihat dari sisi harapan dan kinerja layanan serta Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi prioritas yang diperlukan untuk perbaikan. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data dari 66 orang responden didapatkan nilai tarif 2,834 sebagai persepsi terendah dalam kewajaran dan persepsi tertinggi dalam penanganan pengaduan memiliki nilai tarif 3,925 sementara itu nilai tarif harapan terendah dalam kualitas sarana dan prasarana 3,000 sedangkan nilai tarif  tertinggi dalam penanganan pengaduan yaitu 4,000.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). Metode Penelitian Kualitatof Studi Pustaka. Edumaspul, 6(1), 974–980.

Alfarisa, S., Modal, D. P., Perizinan, P., & Satu, T. (n.d.). Jurnal Penelitian Administrasi Publik │ Vol 7 No. 2 Urgensi Pelaksanaan Pengawasan Kemetrologian Legal Guna Mewujudkan Kabupaten Bangka Selatan Daerah Tertib Ukur. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 129–144.

Amalia Kurniawati, D., Santoso, I., & Morita Ikasari, D. (2012). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Minuman Sari Alang-Alang Merk “Pesona” Dengan Metode Importanceperformance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI).

Amri, H. R., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., Cendekia, I., Subagio, R. T., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., Cendekia, I., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., & Cendekia, I. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. 03(0), 241–252.

Hanum, S. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Penggambar Diagram Alir (Flowchart) Sebagai Bahanajar Untuk Mata Kuliah Sistem Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Medan. Jurnal Kitbah, 1.

Ida Wibowati, J. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Muarakati Baru Satu Palembang.

Mardiansyah, A., & Angrum Adisti, N. (2017). Permasalahan Penyelenggaraan Kegiatan Metrologi Legal Berupa Pelayanan Tera/Tera Ulang Di Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Legislasi Indoensia, 14, 421–428.

Purbobinuko, Z. K., & Wurianing, R. (2020). Analisis Kepuasan dengan Metode CSI dan IPA Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di RS . Dr Soetarto Yogyakarta. Indonesian Of Health Information Management Journal, 8(2), 80–91.

Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(April), 41–50.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel